Viral Penampakan Awan Merah Menyerupai Piring Terbang di Turki Sebelum Gempa 7,8 Magnitudo Terjadi

Jumat 10-02-2023,13:47 WIB
Reporter : Lukman Hakim
Editor : Lukman Hakim

SIASAT.CO.ID – Viral di media social beredar penampakan awan merah di langit Turki sebelum terjadi gempa yang berkekuatan 7,8 magnitudo, Senin 6 Februari 2023.

Awan tersebut terbentuk menyerupai piring terbang atau UFO menggantung di langut Bursa, Turki pada 20 Januari 2023.

Awan yang berbentuk oval dengan lubang di tengahnya sempat direkam oleh bebrapa warga yang menyaksikannya. Video dan gambar awan menyerupai UFO itu kini tersebar di media social.

Dikutip dari Daily Mail, menurut Layanan Meteorologi Turki, fenomena langka tersebut hanyalah awan lenticular.

Baca Juga: PBNU serukan shalat gaib untuk korban gempa di Turki dan Suriah

Awan lenticular dinilai mirip dengan piring terbang atau UFO karena bentuknya yang melingkar dan biasanya ditemukan pada ketinggian 6.400 hingga 16.500 kaki.

“Awan ini tampak seperti bentuk tradisional dari piring terbang dalam film fiksi ilmiah, dan awan lentikular nyata ini dipercaya menjadi salah satu penjelasan dari penampakan UFO di seluruh dunia,” kata kantor meteorologi Turki.

Awan langka ini kadang terbentuk akibat angin yang turun dari perbukitan atau pegunungan. Namun, awan lenticular ini dipastikan tanda dari gelombang pegunungan di udara,

“Jika ada dukup uap air, gerakan gelombang tersebut akn menyebabkan uap air mengembun, membentuk tampilan unik awan lenticular,” ungkapnya.

Baca Juga: Korban Gempa Turki-Suriah Tembus 21.000 ribu, Warga Semakin Resah.

Udara yang berhembus melewati pegunungan, dalam keadaan tertentu dapat membentuk deretan gelombang yang bersar di aliran udara ke bawah.***

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler