Gunung Merapi Kembali Erupsi, Sejumlah Wilayah di Jateng dan Yogyakarta Tertutup Awan Panas

Minggu 12-03-2023,01:26 WIB
Reporter : Bustamil Arifin
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Gunung Merapi kembali muntahkan awan panas guguran (APG), Sabtu 11 Maret pukul 12.12 WIB ke arah Kali Bebeng/Krasak.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan erupsi masih berlangsung hingga pukul 12.31.

“Jarak 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak. Saat ini erupsi masih berlangsung,” dalam pesan tertulis.

Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah bahaya, yakni jarak 7 km dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak," ujarnya menambahkan.

Terkini melansir situs BPPD daerah Istimewa Yogyakarta, daerah seperti Magelang di Jawa Tengah dan Kali Bebeng sempat tertutup awan panas.

BPPTKG juga mengunggah video awan panas guguran dari Gunung Merapi. Dalam rekaman tersebut, tampak awan panas yang dikeluarkan langsung menutupi langit.

"Video kejadian awanpanas guguran di Merapi tanggal 11 Maret 2023 pukul 12.12 WIB dari stasiun CCTV Tunggularum-Sleman. Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah bahaya (jarak 7 km dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak)," tuturnya.

Sebelumnya, Gunung Merapi terakhir mengalami erupsi pada Rabu, 8 Januari 2023. Pada saat itu, tiga desa di dua wilayah kecamatan Kabupaten Boyolali, terdampak hujan abu ringan hingga sedang.

BBPTKG juga menyebut apabila terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali. Saat ini, status Gunung Merapi masih dalam level III atau ‘siaga’ sejak november 2020.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler