Viral di Medsos, Apa Sih Arti Chuaks? Gen Z Wajib Tahu

Selasa 14-03-2023,04:44 WIB
Reporter : Bustamil Arifin
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Mungkin banyak yang tengah bertanya-tanya mengenai bahasa gaul Chuaks viral yang belakangan sering dipakai di media sosial, khususnya TikTok.

Sebagai generasi yang hidup berdampingan dengan media sosial, tentu Gen Z tak asing dengan kata ‘Chuaks’ yang sedang trend saat ini.

Bahasa gaul seringkali muncul tanpa terduga dan menimbulkan tanda tanya besar bagi kita. Termasuk kata ‘chuaks’ ini, apa sih artinya? Baca sampai habis ya!

Lalu apa sebenarnya arti dari kata Chuakss ini? SImak penjelasannya di bawah ini.

Arti Kata Chuakss

Chuakss merupakan kata variasi yang sebenarnya berasal dari Bahasa Indonesia yakni Cuak.

Kata Cuak memiliki pengertian yang buruk untuk disampaikan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, kata cuak juga termasuk dalam frasa arkais, yakni penggunaan kata yang tidak lazim.

Ternyata eh ternyata, kata Chuaks sendiri awalnya dipopulerkan oleh seorang stand up comedy-an yakni, Tretan Muslim dan juga Coki Pardede.

Lantas menariknya ungkapan tersebut belakangan ini digunakan oleh para pengguna sosial media sosial khususnya tiktok.

Kata chuaks ini sendiri tak hanya digunakan atau dipadankan di akhir kalimat, kata chuaks sendiri ternyata bisa memiliki makna tersendiri.

Seperti kalimat, "Pagi-pagi bersama Tsubasa, bentar lagi puasa, cuaks" atau "Diet mulai besok, cuaks."

Jadi sebenarnya, Chuaks sendiri tidak memiliki arti atau makna yang pasti. Beberapa pengguna kata chuaks mengartikannya sebagai ungkapan bagi orang yang bodoh.

Sementara beberapa lainnya menggunakan kata chuaks sebagai selipan di akhir kalimat sebagai konteks candaan.

Setelah mengetahui cuaks itu apa, apakah kamu kini jadi sudah semakin paham? Atau mungkin kamu sendiri juga sebenarnya sudah sering menggunakannya namun masih bertanya-tanya perihal artinya.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler