Hasil Studi Obat Tidur Berpotensi Tingkatkan Risiko Demensia

Kamis 23-03-2023,00:35 WIB
Reporter : Bustamil Arifin
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Kebiasaan begadang membuat sebagian orang mengalami insomnia atau sulit tidur. Sebagai solusi mereka memilih mengkonsumsi obat tidur.

Namun tahukan Anda mengkonsumsi obat tidur dapat meningkatkan risiko Demensia.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dari University of California telah menunjukkan bahwa penggunaan obat tidur dapat meningkatkan risiko demensia.

Penelitian tersebut melibatkan sekitar 3.068 peserta dewasa tua berusia di atas 74 tahun yang 'tinggal di komunitas' namun tidak menderita demensia pada awal penelitian.

"Orang bisa meningkat risiko Demensia jika mengkonsumsi obat tidur secara rutin," ujar Yue Leng, Ph.D, dari Departemen Psikiatri dan Ilmu Perilaku UCSF, sebagaimana dilansir dari Spuntik.

Lantas apa itu Demensia dan bagaimana cara agar tak bergantung pada obat tidur?

Demensia merupakan serangkaian gejala, yaitu kehilangan memori, kesulitan berpikir dan pemecahan masalah bahkan bahasa.

Demensia terjadi ketika otak mengalami kerusakan karena penyakit, seperti penyakit Alzheimer atau pun serangkaian stroke.

Untuk menjaga tubuh dari hal tersebut yang disebabkan mengkonsumsi obat tidur secara rutin, lakukan hal berikut ini.

Terapkan Perilaku Sleep Hygine

Berdasarkan ilmu kedokteran, tidur berkualitas ialah tidur yang mencapai stadium tiga atau deep sleep yang membutuhkan waktu 1,5 jam dari saat terlelap.

Pada kondisi tersebut, manusia tidak mudah dibangunkan. Perilaku sleep hygine atau prosesi menjelang tidur dapat menjadi salah satu cara untuk membantu mendapatkan kondisi tersebut

Terapkan makan berat maksimal dua jam sebelum tidur. Supaya organ cerna kita kerjanya tidak terlalu berat.

Berolahraga tidak lebih dari empat jam sebelum tidur, sehingga hormon kortisol tidak tinggi saat akan tidur.

Selain itu, menciptakan situasi dan ruangan yang nyaman sebelum tidur juga penting dilakukan. Misalnya, mematikan lampu atau meredupkan lampu dari biasanya.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler