BNPT Buka Warung NKRI di Papua, Wadah Dialog Kebangsaan untuk Persatuan

Kamis 23-03-2023,08:17 WIB
Reporter : Alfin Pulungan
Editor : Alfin Pulungan

SIASAT.CO.ID - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meresmikan Warung NKRI di tanah Papua. Warung NKRI merupakan wadah bagi masyarakat yang difungsikan sebagai tempat dialog untuk membicarakan persatuan dan kebangsaan.

Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Nisan Setiadi, mengatakan Warung NKRI di Papua merupakan warung ke-24 yang dihadirkan lembaganya untuk masyarakat Indonesia.

“Dengan adanya Warung NKRI di tanah Papua akan ada warung-warung (NKRI) yang lain, dari warung-warung ini akan ada dialog-dialog untuk membangun Indonesia dan Papua yang damai bermartabat,” kata Nisan dalam keterangan tertulis BNPT RI, dikutip Kamis 23 Maret 2023.

Nisan berharap Warung NKRI Lumbung Kopi Papua The Hele’yo Sentani akan menjadi pionir Warung NKRI lain di wilayah Papua.

Baca Juga: Kepala BNPT Boy Rafli Amar Jadi Tokoh Sosialisasi Persatuan dan Toleransi Indonesia

Lebih lanjut dirinya mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap kelompok yang memainkan politik identitas jelang pemilu 2024. Menghadapi ini, Deputi 1 mengatakan pentingnya memperkuat wawasan kebangsaan melalui Warung NKRI dalam mencegah polarisasi di masyarakat.

“Tahun ini tahun politik jadi kita sama-sama hati-hati ada yang menunggangi, memecah belah kita memakai unsur SARA, oleh karena itu kami BNPT hadir di hulu meminimalisir radikalisme terorisme,” katanya.

Peresmian Warung NKRI Lumbung Kopi Papua dihadiri oleh pengurus Forum Koordinator Pencegahan Terorisme dan Duta Damai Provinsi Papua, perwakilan Forkopimda Provinsi Papua, masyarakat, dan tokoh masyarakat.

Seluruhnya sangat antusias dengan kehadiran warung ini, harapannya Warung NKRI menjadi ‘lumbung’ bagi masyarakat sekitar untuk berbicara nilai-nilai luhur bangsa dan turut berkontribusi dalam menciptakan Papua yang damai dan sejahtera.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler