Shou Zi Chew CEO Tiktok Disidang Kongres Amerika, Ada Apa?

Sabtu 25-03-2023,14:43 WIB
Reporter : Bustamil Arifin
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Shou Zi Chew, CEO TikTok menjadi perbincangan seusai disidang selama hampir 5 jam di Kongres Amerika Serikat (AS).

Shou Zi Chews selama hampir lima jam dicecar pertanyaan pada Kamis, 23 Maret 2023.

Dilansir Sky News, Shou Zi Chew menghadapi pertanyaan sulit selama berjam-jam oleh para deputi di DPR yang yakin bahwa aplikasi TikTok adalah 'alat' Partai Komunis China.

Namun, Shou Zi Chew tetap berusaha meyakinkan Kongres AS bahwa aplikasi video milik China itu bukan 'agen' Beijing dan tidak menimbulkan risiko bagi keamanan nasional.

Beberapa anggota DPR AS juga menyuarakan kekhawatiran bahwa TikTok, yang memiliki 150 juta pengguna Amerika, memuat konten yang dapat membahayakan kesehatan mental anak-anak.

Para deputi di House Committee on Energy and Commerce menekan Chew tentang berbagai topik, mulai dari praktik moderasi konten TikTok hingga perusahaan memata-matai jurnalis.

“Tuan Chew, Anda di sini karena rakyat Amerika membutuhkan kebenaran tentang ancaman yang ditimbulkan TikTok terhadap keamanan nasional dan pribadi kita,” kata ketua komite, Cathy McMorris Rodgers.

Setelah bersaksi di sidang parlemen Amerika Serikat (AS). CEO TikTok Shou Chew membeberkan sejumlah janji untuk membuat TikTok lebih aman bagi pengguna AS.

Chew juga berjanji untuk memeberikan perlindungan terutama kepada remaja terhadap bahaya dari penggunaan TikTok.

“Kami akan terus menjaga keselamatan, terutama untuk remaja, sebagai prioritas utama,” ungkap Chew.

Bukan hanya itu saja, terkait dengan kekhawatiran AS terhadap data yang bisa dibocorkan ke pemerintah China, Chew berjanji semua data bakal disimpan di Amerika.

“Data Amerika akan disimpan di tanah Amerika, oleh perusahaan Amerika, diawasi oleh personel Amerika,” jelasnya.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler