Perkembangan Artificial Intelligence (AI) Mengancam Pekerjaan Manusia di Dunia

Senin 27-03-2023,03:12 WIB
Reporter : Bustamil Arifin
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Saat ini, perkembangan Artificial Intelligence (AI) menjadi sorotan, dunia, karena perkembangan Artificial Intelligence (AI) berkembang dengan sangat cepat.

Perkembangan ini dapat dilihat dengan munculnya berbagai macam robot yang dapat mengerti bahasa manusia yang diciptakan oleh China.

Pengertian Artificial Intelligence (AI) sendiri telah dijelaskan pada artikel yang ditulis oleh aws.amazon.com, yang menjelaskan bahwa :

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola.

Kecerdasan buatan, sering disingkat sebagai “AI”, mungkin berkonotasi dengan robotika atau adegan futuristic, kecerdasan buatan (AI) mengungguli robot fiksi ilmiah, ke dalam non-fiksi ilmu komputer canggih modern.

Sebuah studi terbaru oleh Pew Research menemukan bahwa di 10 negara maju dan berkembang, sebagian besar pekerja berharap komputer dapat melakukan lebih banyak pekerjaan yang saat ini dilakukan oleh manusia, setidaknya dalam 50 tahun mendatang.

Pekerja jelas cemas terhadap dampak AI dan otomatisasi pada dunia pekerjaan.

Diperkirakan pekerjaan sekarang dapat diotomatisasi sekitar 9% hingga 47%. Konsultan McKinsey memperkirakan sekitar 800 juta pekerja di seluruh dunia dapat digantikan oleh robot pada tahun 2030.

Beberapa pekerjaan akan berubah secara signifikan, sementara pekerjaan lain akan sama sekali lenyap.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler