Doa Menghilangkan Rasa Cemas dan Takut, Bikin Hati Tenang

Senin 27-03-2023,04:23 WIB
Reporter : Bustamil Arifin
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Cemas dan takut sudah menjadi perasaan yang secara alami dialami manusia. Suasana di dalam hati manusia juga sering berubah-ubah. Kadang senang, sedih, emosi, cemas dan takut.

Perasaan cemas dan takut kerap muncul ketika seseorang mengalami suatu masalah, kesulitan, hingga ketika ada momen bahagia sekali pun.

Ketika merasa cemas dan takut, kita dianjurkan untuk membaca doa menghilangkan rasa cemas serta berharap ketenangan kepada Allah SWT.

Berikut bacaan doa menghilangkan rasa cemas dan takut berlebihan yang bisa membantumu mendapatkan ketenangan hati.

Doa Agar Percaya Diri

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padaMu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung pada-Mu dari cengkraman hutang dan penindasan orang" (HR. Bukhari no. 6367 dan Muslim no. 2706).

Di samping itu, supaya hati menjadi lebih tenang, kita bisa mengamalkan doa berikut:

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا إِلَى طَاعَتِكَ

Allahumma musharrifal-qulubi sharrif qulubana ‘ala tha-atika.

Artinya: “Ya Allah, yang mengarahkan hati, arahkanlah hati-hati kami untuk taat kepada-Mu” (H.R. Muslim).

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler