Muhammad Hatta Siswa SMA Peraih Olimpiade Ekonomi Mengalahkan 66 Negara, Bikin Harum Nama Indonesia

Selasa 28-03-2023,09:41 WIB
Reporter : Bustamil Arifin
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Baru-baru ini bangsa Indonesia patut berbangga pad Muhammad Hatta siswa SMA yang sukses membawa harum Nusantara usai merebut medali olimpiade ekonomi dengan mengalahkan 66 negara.

Hatta sukses meraih medali dengan mengalahkan 1.600 pelajar dari 66 negara pada acara IEOX diselenggarakan oleh International Economics Olympiad.

Hatta mengungkapkan, ia mengikuti kompetisi IEOX adalah untuk menantang dirinya mempelajari dan meraih pengetahuan tentang Ilmu Ekonomi lebih luas lagi.

“Cukup banyak sebetulnya alasan yang mendorong diri saya untuk mengikuti kompetisi-kompetisi ekonomi. Namun, jika disebutkan salah satunya, maka itu adalah menantang diri," katanya, melalui siaran pers, dilansir dari kanal YouTube Pelajar Inspirasi.

Usai mengikuti kompetisi tersebut Hatta sadar Ilmu ekonomi begitu luas, dan banyak hal yang harus ia pelajari.

"Sehingga saya merasa lebih tertantang dan terpacu untuk belajar lebih banyak mengenai ekonomi," ungkap Hatta.

"Saya cukup bangga dan senang dengan diri saya, karena ini adalah medali internasional pertama saya di bidang akademis ataupun non akademis," sambungnya.

Hatta sebelumnya meraih prestasi dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Ekonomi. Ia membawa pulang medali perunggu.

Lewati 3 Rangkaian Lomba

Dalam IEOX, Hatta mengikuti tiga rangkaian lomba dengan model kelompok hingga individu, yaitu:

  1. Business Case (Ide Bisnis)
  2. Economic Quiz (Kuis Ekonomi)
  3. Financial Literacy Game (Permainan Literasi Keuangan)

menambahkan bahwa untuk terpilih menjadi delegasi Indonesia di ajang International Economics Olympiad (IEO) di Yunani, delegasi harus sudah menjadi medalis olimpiade ekonomi di negaranya terlebih dahulu.

Semoga Hatta dapat menginspirasi pelajar-pelajar lainnya voice Siasat.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler