Meski Tak Menyesalinya Sikapnya Terhadap Israel, Ganjar Tetap Minta Maaf Kepada Timnas U-20

Selasa 04-04-2023,11:12 WIB
Reporter : Reza Al-Habsyi
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan keputusannya menolak kedatangan Israel ke Tanah Air adalah sebuah sikap pribadi, tidak bermaksud sama sekali membatalkan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20.

“Kalau saya bisa membuat statement dan menggagalkan pekerjaan (tuan rumah piala dunia U-20) sebesar ini, memangnya otoritasnya ada di mana,” kata Ganjar dalam wawancara khusus dengan Najwa Shihab tayang di akun YouTube Najwa Shihab, Selasa 4 April 2024.

Lagi pula lanjut Ganjar, FIFA sebagai federasi sepak bola dunia lebih tahu standar sebuah negara menjadi tuan rumah gelaran piala dunia. Ganjar menegaskan bahwa mestinya Indonesia tetap menjadi tuan rumah tanpa kepesertaan Israel.

“Jadi kami juga ingin terselenggara (piala dunia U-20 di RI). Statement saya bukan untuk menggagalkan RI jadi tuan rumah tapi bagaimana kemudian potensi-potensi yang kemungkinan bisa merugikan kita (jika kehadiran Israel) maka kami dorong agar U-20 bisa berjalan, bisa terselenggara, tanpa Israel,” jelas Ganjar.

Baca Juga: Doa Tentara Muslim Ukraina di Bulan Ramadhan: Semoga Allah Melindungi Ukraina

Gubernur Jawa Tengah ini mengaku sudah mendengar suara-suara penolakan kehadiran Israel yang muncul setelah negara itu dipastikan lolos ke Piala Dunia U-20. Namun, suara itu dianggap belum didengar oleh pemerintah.

“Tapi ketika kemudian rasanya tidak ada progres, maka nampaknya sebagai boundingnya kader partai semua bersuara. Kami sepakat, kami punya pemikiran yang sama dan kami harus berstatement bersama,” ucap Ganjar.

Ganjar mengaku tidak menyesal atas pernyataannya tersebut, namun tetap meminta maaf kepada pemain timnas U-20 dan siap berkomitmen penuh untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Tidak. Saya tidak pernah menyesal karena ini sebuah sikap dan keputusan yang harus kita ambil. Tapi saya minta maaf kepada pemain timnas U-20 karena gagal bermain,” tutur Ganjar.

Baca Juga: Puasa di Berbagai Agama

Sebelumnya, FIFA resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Sebelum pembatalan itu, suara-suara penolakan kehadiran Israel sebagai peserta Piala Dunia U-20 datang ke Tanah Air mulai bermunculan dari berbagai pihak seperti Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Akibatnya, media sosial Ganjar dan Gubernur Bali Wayan Koster digeruduk netizen karena dianggap sebagai biang gagalnya RI jadi tuan rumah piala dunia U-20. Keduanya sempat memberikan statement menolak kedatangan Israel main di Indonesia, karena ada potensi-potensi kerugian yang akan dialami Indonesia.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler