Contoh Soal Essay dan Jawaban UAS PAI Kelas 7 SMP, Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kamis 06-04-2023,01:04 WIB
Reporter : Bustamil Arifin
Editor : Bustamil Arifin

Ilustrasi - Saol dan Kunci Jawaban PAI Penilaian Akhir Semester (PAS) SMP/MTs kelas 7. (foto Pixabay)

SIASAT.CO.ID - Contoh kunci jawaban pada soal UAS semester 2, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk kelas 7 SMP atau MTs.

Dalam artikel ini akan diulas contoh latihan soal essay dan jawaban pembelajaran PAI untuk penilaian akhir semester (PAS).

Bentuk latihan soal ini merupakan essay pada bagian buku paket kurikulum merdeka.

Baca Juga: Inilah Contoh Soal dan Jawaban Essay PAI Kelas 9 Semester 2

Sebelum mencoba memecahkan soal ini, terlebih dahulu para siswa kelas 7 SMP MTs diusahakan untuk menguasai materi mapel PAI berdasarkan Kurikulum Merdeka.

Dilansir dari buku.kemdikbud.go.id pada Kamis, 6 April 2022 inilah soal dan kunci jawaban latihan soal PA PAI kurikulum merdeka.

jawaban

  1. Peristiwa-peristiwa di alam semesta ini memberikan bukti keberadaan Allah Swt. sebagai Pencipta, Pengatur, dan Maha Kuasa. Langit dan bumi pada awalnya kemudian Allah Swt. memisahkan keduanya. Tuliskan dalil naqli yang menjelaskan peristiwa tersebut!

Kunci Jawaban: اَوَلَمْ يَرَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَنَّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنٰهُمَاۗ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاۤءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّۗ اَفَلَا يُؤْمِنُوْنَ

Artinya: "Dan Apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasannya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?." (QS.al-Anbiya/21: 30)

  1. Jelaskan kandungan Q.S. al-A'raf/7: 541

Kunci Jawaban: Kandungan QS. al-A'raf/7: 54 Ayat ini menegaskan bahwa Allah Swt yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari (masa). Allah Swt. adalah Pemilik, Penguasa, dan Pengatur. Dia yang paling berhak disembah. Hanya kepada-Nya, manusia meminta pertolongan.

Baca Juga: Arti Mimpi Ditinggal Kekasih, Pertanda Apa? Simak Tafsirnya

  1. Tuliskan 3 contoh hukum bacaan ghunnah!

Kunci Jawaban: Hukum bacaan ghunnah adalah apabila terdapat huruf nun atau mim bertasydid maka dibaca ghunnah (dengung) yang sempurna.

اِنَّ

ثُمَّ

اِّنَّمَا

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler