Sejarah Singkat Hari Kenaikan Isa Almasih

Jumat 07-04-2023,20:29 WIB
Reporter : Nita Ayu Amalia
Editor : Nita Ayu Amalia

SIASAT.CO.ID - Hari Kenaikan Isa Almasih atau yang biasa disebut sebagai kenaikan Yesus Kristus merupakan sebuah peristiwa penting yang diperingati oleh umat Katolik dan Kristiani. Peristiwa religi Kristiani ini memiliki sejarah yang penting untuk direnungkan.

Perayaan Hari Raya ini memperingati kenaikan Yesus Kristus ke Surga. Peristiwa ini selalu dirayakan pada hari ke-40 setelah Paskah atau peristiwa kebangkitan Yesus Kristus.

Dikutip dari laman Katolisitas, dalam perayaan kenaikan Yesus, umat diajak untuk melihat kodrat Allah yang menjelma menjadi manusia yang terpenuhi di dalam pribadi Kristus secara lebih sempurna lagi.

Dengan kenaikan-Nya yang mulia, Yesus memenuhi kurban penebusan-Nya. Di dalam Kopendium Katekismus Gereja Katolik (KKGK) 132 dikisahkan secara jelas sejarah kenaikan Yesus.

Baca Juga: Mimpi Melihat Kalung Salib Benarkah Pertanda Keberuntungan? Simak Tafsirnya

"Sesudah 40 hari sejak Yesus menampakkan diri kepada para Rasul dalam kondisi manusia biasa, yang menutupi kemuliaan-Nya sebagai Yang Bangkit, Kristus naik ke Surga dan duduk di sebelah kanan Bapa."

Kebangkitan yang dihadapi Yesus membuat-Nya mengatasi ruang dan waktu sehingga dapat selalu hadir di tengah murid-murid-Nya, manusia, dan dunia.

Kebangkitan Yesus membawa diri-Nya pada kehidupan ke-Allahan-Nya. Dengan begitu, Yesus menjadi Imanuel dalam hidup umat manusia hingga menyertai manusia sampai kepada akhir zaman.

Dikutip dari laman Kompas, Gereja Katolik mengimani Hari Kenaikan Tuhan sebagai penebusan janji Yesus Kristus. Dari peristiwa Kenaikan Isa Almasih ini, Yesus Kristus mengajarkan murid-muridnya agar tidak lagi terpaku pada kehadiran fisik-Nya.

Baca Juga: 10 Link Twibbon Hari Jumat Agung 2023, Unduh Gratis Hanya di sini

Yesus akan selalu bersama umatnya melalui Roh Kudus. Dari sini, Yesus Kristus mendorong para murid-murid atau umat-Nya untuk memulai misi, yaitu mewartakan Injil.

Demikianlah sejarah singkat tentang Hari Kenaikan Isa Almasih. Selamat Memperingati Jumat Agung 2023. Semoga cinta-Nya hingga di kayu salib memberkati hatimu dan semoga pengorbanannya memperkuat jiwamu.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler