Geruduk PB PMII Imbas Aksi di KPK, PK PMII Unusia: Kami Minta Abdullah Syukri Mundur!

Selasa 11-04-2023,15:59 WIB
Reporter : Bustamil Arifin
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Pengurus Komisariat PMII Unusia menggeruduk kantor PB PMII di Jakarta Pusat, Selasa 11 April 2023. Mereka meminta Ketua Umum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri, mundur dari jabatannya imbas aksi demo yang dilakukan oknum di depan gedung KPK beberapa waktu lalu.

Ketua PK PMII UNUSIA, Mu'ammar Rizal Fauzi, mengatakan dalam poin tuntutannya, PB PMII mendesak agar Ketua KPK Firli Bahuri mundur dari jabatannya efek dari pencopotan Brigjen Endar Priantoro dari posisinya di KPK.

Rizal menilai ada kejanggalan dari aksi yang dimotori PB PMII. Sebab aksi tersebut dinilai salah kaprah mencampuri masalah internal Polri dengan KPK.

"Tidak ada urgensinya sama sekali aksi tersebut. Dan kami mensinyalir bahwa aksi ini ditunggangi oleh pihak tertentu. Padahal masih ada issue lain yang perlu dibela oleh PB PMII. Bukan malah membawa PB PMII dalam benang kusut konflik Polri dengan KPK seperti yang sekarang terjadi," kata Rizal dalam keterangan tertulis, Selasa 11 April 2023.

Baca Juga: Aksi Mahasiswa Jabodetabek, SEMA UIN Jakarta: UU Cipta Kerja Jelmaan dari Bobroknya Keadilan

Rizal juga menyayangkan sikap Abdullah Syukri yang tidak berkoordinasi dengan para pengurus di bawahnya. Rizal menyebut Abdullah Syukri seenaknya mengajak kader PMII Unusia untuk gabung dalam aksi tersebut.

"Harusnya Abe (panggilan akrab Abdullah Syukri) sebagai ketua umum lebih cermat dong dalam memahami konteks persoalan. Dia ini kan simbol. Jangan tiba-tiba enggak ada angin gak ada hujan turun demo pakai nama PB PMII minta pimpinan KPK lengser. Ini kan konyol," ujarnya.

Selain itu, Rizal mengatakan aksi oknum PMII di KPK telah menciderai marwahnya sebagai organisasi kemahasiswaan yang menjunjung tinggi independensi dan tidak berpihak pada instansi pemerintah maupun partai politik. Kami tegaskan.

PMII, ia melanjutkan, hanya berpihak pada kepentingan masyarakat.

"Aksi yang dilakukan Abe dan pengurusnya ini sangat tendensius dan syarat kepentingan. Ya seharusnya Abe kalau punya malu mundur saja dari jabatan Ketua Umum PB PMII kalau tidak ya berarti dia bermuka tembok, kasihan dengan para pendiri PMII kalau melihat PMII hanya dijadikan alat untuk membela kepentingan kekuasan dan politik praktis," jelas Rizal.

Baca Juga: Bebas Hari Ini, Anas Urbaningrum Akan Beri Kejutan ke SBY, Demokrat: Silahkan

Menyikapi hal tersebut, PMII Unusia melayangkan tuntutan kepada PB PMII:

  1. Mengecam kerasa atas sikap arogan dan ugal-ugalan PB PMII menculik dan mengeksploitasi Kader PK PMII UNUSIA untuk menjadi bagian dari masa aksi PB PMII.
  2. Mendesak PB PMII untuk segera membuat permohonan maaf secara resmi di media kepada seluruh kader dan senior ataupun para pendiri PMII karena telah menjadikan PMII sebagai alat untuk membela kepentingan kekuasan dan politik praktis.
  3. Sebagai wujud menjaga marwah dan integritas PMII kami mendesak Ketua Umum PB PMII Muhammad Abdullah Syukri (Abe) mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PB PMII.
Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler