Mudik 2023 Harus Lebih Awal, Menhub: Jangan 19-20 April, Padat!

Rabu 12-04-2023,19:38 WIB
Reporter : Nita Ayu Amalia
Editor : Nita Ayu Amalia

SIASAT.CO.ID – Cuti bersama atau libur lebaran merupakan salah satu momen yang selalu dinantikan oleh masyarakat. Adanya penambahan cuti bersama membuat sebagian orang ingin segera pulang ke kampung halaman.

Banyaknya antusiasme masyarakat saat mudik tentu menjadi perhatian pemerintah. Cukup banyak kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah agar arus lalu lintas mudik menjadi aman dan lancar.

Mengutip CNN Indonesia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk mudik lebih cepat tanpa harus menunggu sampai cuti bersama.

"Kami anjurkan pemudik mulai besok, mudiklah lebih awal, jangan 19-20 April. Itu padat sekali. Ini mumpung belum 13 (April) lakukan itu mulai besok," kata Budi pada acara pelepasan Mudik Tim CNN Indonesia di Gedung Transmedia, Rabu, 12 April 2023.

Baca Juga: Catat 5 Barang Wajib Dibawa, Saat Mudik Lebaran Tiba

Budi juga mengatakan pemerintah memberikan berbagai insentif bagi masyarakat yang mudik lebih awal atau pada periode 13-18 April 2023

"Seperti diskon tarif tol sampai kapal laut," ujarnya.

Diskon tersebut, kata Budi, akan menjadi pertimbangan bagi pemudik untuk mau lebih awal berangkat. Namun imbauan ini tak bisa disamaratakan untuk semua kelompok pekerja karena setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda terhadap pegawainya.

Meski ada imbauan untuk mudik lebih awal, fakta menunjukkan setiap tahun selalu terjadi peningkatan kemacetan karena adanya pemudik susulan.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler