Sejarah, Minneapolis AS Bolehkan Azan Berkumandang 5 Kali Sehari

Sejarah, Minneapolis AS Bolehkan Azan Berkumandang 5 Kali Sehari

SIASAT.CO.ID - Minneapolis menjadi kota besar pertama dalam sejarah di Amerika Serikat (AS) yang akan mengizinkan siaran azan untuk dikumandangkan melalui pengeras suara masjid lima kali sehari.

Dewan Kota Minneapolis pada Kamis dengan suara bulat mengizinkan azan dikumandangkan dari masjid-masjid meskipun ada kebijakan yang mengatur kebisingan.

Kelompok advokasi Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) Minnesota, yang selama ini terus mendesak dewan untuk menyetujui permintaan azan melalui pengeras suara, mengatakan bahwa keputusan tersebut merupakan kemenangan bersejarah bagi kebebasan beragama dan pluralisme.

Baca juga: Shou Zi Chew CEO Tiktok Disidang Kongres Amerika, Ada Apa?

"Kami berterima kasih kepada para anggota Dewan Kota Minneapolis yang menetapkan contoh luar biasa ini, dan kami mendesak kota-kota lain untuk mengikutinya," kata Direktur CAIR Minnesota Jaylani Hussein dalam sebuah pernyataan, dilansir dari BBC News, Senin 17 April 2023.

Sebagai informasi tiga tahun lalu, kota itu menizinkan azan berkumandang menggunakan pengeras suara, tapi hanya antara pukul 07.00 dan 22.00.

Baca juga: Kecolongan, Serangan Drone Menewaskan 1 Kontraktor dan Melukai 5 Tentara Amerika Serikat

Populasi imigran muslim dari Afrika Timur semakin pesat di Minneapolis sejak 1990-an. Pembangunan sejumlah masjid di kota itu pun jadi hal yang umum.

Para pemimpin Kristen dan Yahudi pun menyatakan dukungan untuk melanjutkan izin kumandang azan lima kali sehari di Minneapolis.

Sumber: