Dunia Berubah, China Diprediksi Akan Menggeser Dominasi AS

Dunia Berubah, China Diprediksi Akan Menggeser Dominasi AS

Berdasarkan data World Economic Outlook (WEO) edisi April 2023 yang dirilis minggu lalu, kontribusi China dari ekspansi produk domestik bruto (PDB) global diharapkan mewakili 22,6% dari total pertumbuhan dunia hingga 2028.

Baca Juga: Mengenal HAARP, Teknologi Amerika Serikat yang Dituduh Penyebab Gempa Turki

Di lain sisi, IMF juga memperkirakan perekonomian global hanya akan tumbuh sekitar 3% dalam lima tahun mendatang karena dampak suku bunga yang lebih tinggi.

Secara total, 75% dari pertumbuhan global diperkirakan akan terkonsentrasi di 20 negara. Empat besar yang diperkirakan akan berkontribusi lebih dari separuhnya adalah China, India, Amerika Serikat dan Indonesia.

IMF pun memproyeksikan ekonomi China akan tumbuh 5,2% pada 2023 dan 4,5% pada 2024. Sementara pertumbuhan AS diperkirakan akan melambat menjadi 1,6% pada 2023 dan menjadi hanya 1,1% pada 2024.

Menurut IMF pembukaan kembali ekonomi China yang pesat dengan rebound kuat akan menjadi salah satu bagian berita positif pada 2023.

"Seiring gelombang Covid-19 mereda pada Januari 2023, mobilitas menjadi norma dan sejumlah indikator ekonomi frekuensi tinggi, seperti penjualan ritel dan pemesanan layanan perjalanan, mulai meningkat," tulis IMF dalam laporan WEO edisi April 2023.

Sumber: