Sekjen PBNU: Warga NU Berharap Erick Thohir Dampingi Ganjar di Pilpres 2024

Sekjen PBNU: Warga NU Berharap Erick Thohir Dampingi Ganjar di Pilpres 2024

SIASAT.CO.ID - Menteri Agama sekaligus Ketum Anshor Yaqut Cholil Qoumas menyebut Erick Thohir merupakan calon yang tepat mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Pernyataan ini diafirmasi oleh Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

"Saya kira pernyataan Gus Men (Yaqut Cholil Qoumas) sangat wajar. Apalagi Erick Thohir merupakan anggota Banser bersertifikat. Jadi Gus Men wajar mendukung Erick Thohir,” kata kata Gus Ipul menjawab pertanyaan wartawan di Pasuruan, Selasa, 25 April 2023.

Gus Ipul mengaku mendapatkan banyak pesan dari banyak kalangan di lingkungan NU. Mereka mendukung pernyataan Gus Yaqut.

"Banyak warga NU memang menginginkan Erick Thohir. Itu bisa dilihat dari hasil survei yang kita baca. Pak Erick ini telah dianggap sukses menjadi ketua SC penyelenggaraan 1 Abad NU sehingga menjadikan banyak warga maupun tokoh-tokoh NU menginginkan Erick Thohir bisa mendampingi Pak Ganjar dan ditawarkan ke publik," kata Gus Ipul.

Baca Juga: Ini Pesan Megawati Kepada Ganjar

Jika bisa dipasangkan, Gus Ipul yakin Ganjar-Erick merupakan pasangan ideal yang bisa ditawarkan ke publik.

Selain Erick, Gus Ipul juga memuji beberapa tokoh NU lain di antaranya Menkopolhukam Mahfud MD dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah.

Sebelumnya, Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut menilai nama-nama calon wakil presiden (cawapres) yang disebut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki banyak prestasi sebagai modal memimpin bangsa ke depan.

Gus Yaqut mencontohkan Menteri BUMN Erick Thohir. Sosok yang dinilai sarat pengalaman, baik di pemerintahan atau luar pemerintahan.

Baca Juga: Didukung Warga NU Sebagai Cawapres, Pengamat: Erick Thohir Cocok Dampingi Ganjar Pranowo

"Seperti Pak Erick yang juga kader Banser (Barisan Ansor Serbaguna), rekam jejaknya selama ini sudah terbukti dan tak perlu diragukan lagi," ujar Gus Yaqut dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, 24 April 2023.

Gus Yaqut mengatakan Erick bisa mengemban beberapa tugas besar negara dengan sangat baik, berkolaborasi dengan banyak pihak, dan bervisi luas.

“Potensi dan keunggulan inilah yang sangat dibutuhkan bangsa Indonesia di tengah tantangan saat ini. Saya sangat meyakini jika beliau maju bersama Pak Ganjar, maka jadi pasangan yang ideal karena ada chemistry dan bisa saling melengkapi," ujarnya.

Menurut Gus Yaqut, banyak kelebihan yang dimiliki Erick Thohir. Di antaranya adalah penguasaannya di bidang ekonomi yang tak diragukan lagi. Bahkan, selama memimpin BUMN, Erick banyak membuat terobosan berani seperti holdingisasi perusahaan milik negara dan menutup BUMN yang terus membebani negara.

Sumber: