Usai Lebaran 2023, Jakarta Diprediksi Akan Diserbu 40 Ribu Pendatang Baru

Usai Lebaran 2023, Jakarta Diprediksi Akan Diserbu 40 Ribu Pendatang Baru

SIASAT.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memprediksi ada sekitar 40 ribu pendatang baru yang datang ke Jakarta usai Hari Raya Idul Fitri 2023.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Budi Awaludin menyebutkan, jumlah pendatang baru yang diprediksi itu naik dua persen dari tahun kemarin.

"Naiknya enggak banyaklah, paling tinggi dua persen. Tahun 2022 ," Budi Awaludin, Rabu 26 April 2023 dilansir dari Instagram info.jakarta.

Baca juga: Tips Bawa Barang-Barang Saat Mudik Pakai Kendaraan Roda Empat

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau kepada pemudik untuk tidak mengajak kolega ataupun saudara kembali ke Jakarta.

"Dinas Kependudukan bersana Satpol PP mungkin bersama (Dinas) Perhubungan juga untuk bisa menjaga atau memberitahu kepada warganya untuk tidak kembali membawa kolega, kira-kira seperti itu, sanak saudara," ungkap Heru beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Joko Agus Setyono mengaku pihaknya tengah mempertimbangkan menggelar operasi yustisi usai masa mudik lebaran.

Pasalnya, Jakarta kini dinilai sudah over kapasitas dengan jumlah pendudukan yang mencapai lebih dari 11 juta jiwa.

Baca juga: Kapolri Siapkan Skema One Way hingga Ganjil Genap Selama Arus Balik Mudik

“Penduduk Jakarta berapa coba sekarang? 11,7 juta. Harusnya berapa? 5 sampai 6 juta, lebih dari itu susah juga ngurusnya,” ucapnya Kamis 13 April 2023, dilansir dari Antara.

Meski demikian, Joko Agus tak melarang sepenuhnya warga daerah datang ke Jakarta untuk mengadu nasib.

Namun, orang tersebut harus punya keterampilan dan ada jaminan untuk tinggal.

“Kalau mau datang ya silakan saja datang ke Jakarta, tapi ya ada jaminan tempat tinggal,” ujarnya.

Sumber: