Kondisi Sudan Terkini, Ratusan WNI Berhasil di Evakuasi

Kondisi Sudan Terkini, Ratusan WNI Berhasil di Evakuasi

SIASAT.CO.ID - Ratusan orang warga negara Indonesia (WNI) berhasil dievakuasi dari Sudan.

Dari sebanyak WNI yang dievakuasi di negara yang tengah berkecamuk perang saudara itu, sebagian besarnya status mahasiswa.

Mereka tengah menempuh pendidikan di sejumlah perguruan tinggi di Sudan.

Evakuasi dilakukan pada pukul 01.00 dini hari Waktu Setempat atau pukul 06.00 pagi WIB, Senin 24 April 2023, di Kota Port Sudan.

Baca juga: Semakin Tegang, Kondisi Perang di Sudan Tewaskan 25 Orang

“Ini adalah evakuasi tahap pertama yang dipimpin langsung oleh Dubes RI di Khartoum. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan bis sebanyak 8 buah dan 1 mini bus KBRI,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dilansir dari YouTube Permata RI, Kamis 27 April 2023.

Menlu menjelaskan, WNI yang dievakuasi berangkat dari Khartoum pada Minggu 23 April 2023 pukul 08.00 waktu setempat (WS) atau pukul 13.00 WIB.

Para WNI tersebut menempuh perjalanan selama sekitar 15 jam dengan jarak 830 kilometer menuju ke Port Sudan, melalui Kota Atbara, Damir, Mismar, dan Sawakin serta melewati sekitar 15 pos pemeriksaan.

Baca juga: Konflik Sudan, Kemenlu: 1.209 WNI Sudah Dievakuasi

“Beristirahat di rumah persinggahan di Port Sudan sebelum keberangkatan menuju Jeddah melalui jalur laut. Insyaallah persiapan pulang ke Indonesia juga terus dilakukan,” kata Menlu.

Kondisi Sudan Terkini

Pertempuran telah melumpuhkan rumah sakit dan layanan penting lainnya. Banyak orang terdampar di rumah mereka dengan persediaan makanan dan air yang semakin menipis.

Selain itu, mayat bergelimpangan di jalan-jalan. Kelompok bantuan internasional Medecins sans Frontieres (MSF) mengatakan tidak bisa mendapatkan pasokan atau personel baru ke Sudan.

Kantor kemanusiaan PBB (OCHA) mengaku kekurangan makanan, air, obat-obatan dan bahan bakar.

Sumber: