Pelaku Pemerasan Lewat Surel Berhasil Ditangkap Cyber Mabes Polri Riau

Pelaku Pemerasan Lewat Surel Berhasil Ditangkap Cyber Mabes Polri Riau

Siasat.co.id - Pelaku kejahatan pemerasan bermetode siber dengan modus undangan pernikahan telah berhasil ditangkap oleh Tim Cyber Mabes Polri Riau.

Berdasarkan keterangan tim Mabes Polri Riau, pelaku melakukan tindakan pemerasan dan pencurian data melalui surel yang disebarkannya.

Dengan tersebarnya surel undangan pernikahan tersebut, para korban dapat masuk ke jebakan pelaku secara tidak sadar, dan dari sana pelaku dapat memeras isi rekening para korban.

Pernyataan penangkapan tersebut pun dikonfirmasi oleh Kepala Sub Direktorat Cyber Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Sutomo.

"Pembuatnya ini sudah ditangkap Tim Cyber Mabes Polri berdasarkan laporan korbannya," Ucap Kompol Sutomo kepada media di Makassar, pada hari Rabu, 1 Februari 2022.

Baca Juga: Pelaku penipuan Lewat Surel Berhasil Menipu Warga Sulawesi Selatan,…

Lebih lanjut, Kompol Sutomo juga memberitahu bahwa cara pelaku menyebarkan surel undangan pernikahan tersebut melalui sosial media dengan target para penduduk di Sulawesi Selatan.

Sedangkan aplikasi yang dipakai pelaku untuk melakukan penipuan tersebut dibelinya dari seseorang berinisial AI.

AI diketahui adalah pembuat aplikasi yang akhirnya dibeli oleh pelaku tersebut untuk melakukan pemerasan secara online tersebut.

Dan diketahui bahwa ternyata pelaku pemerasan tersebut ternyata adalah seorang mahasiswa berusia 20 tahun.

Sumber: