4 Jenis Manipulasi yang Sering Terjadi dan Wajib Kamu Ketahui

4 Jenis Manipulasi yang Sering Terjadi dan Wajib Kamu Ketahui

SIASAT.CO.ID - Manipulasi merupakan salah satu taktik psikologis dalam mengontrol tindakan dan perilaku orang lain dengan mengandalkan titik lemah kondisi emosional seseorang.

Tujuannya agar kamu merasa tidak percaya diri, insecure, dan selalu merasa bersalah atas apa yang telah terjadi. Hingga akhirnya para manipulator mulai dapat mengendalikan dirimu untuk membantu mereka melakukan segala keinginannya.

Berikut beberapa jenis manipulasi yang wajib kamu ketahui, yaitu:

  1. Playing Victim

Playing victim adalah jenis manipulasi yang paling sering terjadi di sekitar kita. Biasanya dilakukan oleh pasangan ataupun teman.

Kondisi ini terjadi saat seseorang telah berbuat kesalahan namun mereka enggan untuk mengakui kesalahan tersebut sehingga menyudutkan orang lain dan mereka dapat berpura-pura menjadi korban.

Baca Juga: Agama dan Cek Kosong

Tujuannya karena ingin mendapatkan perhatian ataupun ingin menghindari situasi yang tidak disukai.

Orang yang melakukan playing vitim biasanya memiliki masalah dengan cara berpikir.

  1. Love Bombing

Love bombing merupakan sebuah tindakan memberikan perhatian, pujian, bahkan hadiah secara berlebihan dari orang yang belum lama kamu kenal.

Tujuannya agar kamu cepat tertarik sehingga ketika pelaku berada jauh darimu, kamu akan merasa sangat kesepian dan kehilangan.

Baca Juga: Hukum Wanita yang Menolak Menikah dan Efek Psikologis yang Diterimanya

Ketika sudah memasuki fase ini maka mereka akan dengan mudah untuk mengendalikanmu. Perlakuan love bombing ini biasanya dilakukan oleh sosiopat, narsistik dan manipulator.

  1. Guilt-Tripping

Manipulasi psikologi yang satu ini sering dipandang sebagai salah satu jenis intimidasi. Mereka akan membuatmu selalu merasa bersalah pada orang sekitar dan menjadi pribadi yang gak enakkan.

Para manipulator akan memanfaatkan situasi tersebut sebagai sebuah senjata untuk mampu mengendalikan dirimu.

Sumber: