Beri Ucapan Hari Buruh Internasional 2023, Jokowi: Momen Meningkatkan Kesejahteraan dan Lindungi Pekerja

Beri Ucapan Hari Buruh Internasional 2023, Jokowi: Momen Meningkatkan Kesejahteraan dan Lindungi Pekerja

SIASAT.CO.ID - Presiden Joko Widodo mengucapkan Selamat Hari Buruh Internasional 2023 yang diperingati pada hari Senin, 1 Mei 2023.

Dalam ucapannya, Kepala Negara mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk memanfaatkan momentum Hari Buruh dengan sebaik-baiknya.

"Kepada buruh dan pekerja di seluruh Tanah Air Indonesia saya mengucapkan selamat Hari Buruh Internasional 2023," ujar Jokowi dilansir dari YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Sekitar 4 Ribu Personel Gabungan TNI-Polri Diterjunkan Kawal Demo Buruh di Jakarta

"Momentum ini harus kita manfaatkan untuk terus memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan buruh dan pekerja, melindungi hak buruh dan pekerja, serta meningkatkan produktifitas dan daya saing nasional," sambungnya.

Jokowi mengatakan, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Air terus dilakukan. Upaya itu dilakukan melalui pengembangan pendidikan vokasional hingga peningkatan keterampilan tenaga kerja.

"Upaya upskilling dan reskilling buruh dan tenaga kerja terus dilakukan melalui program prakerja, serta melalui Balai Latihan Kerja yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan industri," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga mengungkapkan hingga saat ini pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan jumlah investasi dari dalam dan luar negeri.

Baca juga: Peringati May Day, Buruh Tuntut Cabut UU Cipta Kerja

Hal itu dilakukan pemerintah untuk memperluas kesempatan kerja, mengurangi angka pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan buruh serta tenaga kerja di Tanah Air.

"Pemerintah berusaha untuk mengundang investasi dari dalam dan luar negeri dalam rangka menambah kesempatan, kerja mengurangi pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan buruh dan tenaga kerja," tuturnya.

"Sekali lagi, Selamat Hari Buruh Internasional 2023," imbuhnya.

Sebagai informasi Hari Buruh pertama kali dirayakan pada tanggal 1 Mei 1890 oleh serikat buruh internasional di Chicago, Amerika Serikat.

Pada saat itu, ribuan pekerja melakukan mogok kerja untuk menuntut hak-hak mereka, termasuk jam kerja yang lebih pendek dan gaji yang lebih baik.

Sumber: