Resmi Membaik! Iran Buka Kembali 3 Kantor Diplomatik di Arab Saudi

Resmi Membaik! Iran Buka Kembali 3 Kantor Diplomatik di Arab Saudi

SIASAT.CO.ID - Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Iran Nasser Kanaani mengabarkan bahwa tepat pada hari Senin, 1 April 2023, Iran telah membuka kembali tiga kantor misi diplomatik di Arab Saudi.

"Tiga misi diplomatik Republik Islam Iran yakni kedutaan di Riyadh serta konsulat jenderal dan kantor perwakilan Iran di Organisasi Kerjasama Islam di Jeddah telah kembali beroperasi," ungkap Nasser Kanaani seperti dikutip kantor berita lokal.

Pembukaan kembali itu mengikuti kesepakatan yang ditengahi China untuk memulihkan hubungan diplomatik yang dicapai dua kekuatan regional pada bulan Maret. Arab Saudi juga diperkirakan akan membuka kembali pos-pos diplomatiknya di Iran.

Sebagaimana diketahui, Iran dan Arab Saudi memutuskan hubungan pada tahun 2016 setelah Kedutaan Besar Saudi di Teheran diserbu oleh massa yang marah menyusul eksekusi seorang ulama Syiah Saudi.

Baca Juga: Rahbar Iran Menemui Para Buruh, Serukan Jihad Akbar Komunitas Buruh

Mulai April 2021, kedua belah pihak mengambil bagian dalam pembicaraan maraton yang difasilitasi oleh Irak dan Oman, tetapi intervensi China yang menghasilkan terobosan pada 2 bulan lalu.

Sumber: