Arus Balik Lebaran Hari Ini: KAI Catat 40 Ribu Penumpang Akan Tiba di Jakarta

Arus Balik Lebaran Hari Ini: KAI Catat 40 Ribu Penumpang Akan Tiba di Jakarta

SIASAT.CO.ID - KAI Daop 1 Jakarta mencatat sejak 24 April 2023 angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mengalami peningkatan.

Secara total pada Rabu (26 April 2023) terdapat sekitar 42.000 pengguna yang tiba di Jakarta, jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dari masa normal.

"Dari jumlah tersebut 16.400 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 16.200 penumpang turun di Stasiun Gambir, 4.200 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.500 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek," jelas Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dilansir dari Antara 2 Mei 2023.

Baca juga: Viral, Penumpang Taksi Online Jakarta – Ciawi Tak Mau Bayar Tarif 300 Ribu, Netizen: Siap-siap Mewek Masuk Bui

Adapun persiapan yang dilakukan KAI Daop 1 Jakarta pada arus balik diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang, sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri atau meletakan barang-barang mereka pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun.

"Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun," lanjut Eva.

Meski demikian, angka tersebut tercatat paling tinggi jika dibandingkan hari lainnya sejak tanggal 24 April lalu. Dari jumlah 42.000 penumpang turun tersebut, sebanyak 16.900 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen.

Baca juga: Kompetesi Bunuh Kucing Liar Buat Heboh di Selandia Baru, Warga Protes Akhirnya Dibatalkan

Kemudian, sebanyak 15.500 penumpang turun di Stasiun Gambir, sejumlah 4400 penumpang di Stasiun Bekasi, sebanyak 4.300 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

"Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2x lipat dari masa normal. Peningkatan volume pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta akan terjadi hingga tanggal 2 Mei 2023 dengan rata-rata penumpang mencapai angka sekitar 43 ribu per hari," jelas Eva.

Selama masa arus balik Lebaran, KAI Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah persiapan. Diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang. "Sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barang nya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun.

Dari sisi keamanan dan keselamatan Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Lalu, bekerja sama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat.

Sumber: