Demi Penuhi Obsesi Jadi Wakil Nabi, Mustofa Susun Rencana Penembakan Kantor MUI Sejak 2018

Demi Penuhi Obsesi Jadi Wakil Nabi, Mustofa Susun Rencana Penembakan Kantor MUI Sejak 2018

SIASAT.CO.ID - Berbagai fakta seputar penembakan di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Menteng, Jakarta Pusat, terungkap. Salah satunya soal rencana penyerangan oleh pelaku yang ternyata sudah disusun sejak lama.

Berdasarkan penyelidikan terhadap temuan barang bukti, diketahui bahwa Mustofa NR yang merupakan pelaku penembakan sudah merencanakan aksi jahatnya menyerang pimpinan MUI sejak 2018.

Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi. Dia mengatakan, pelaku nekat memberondong kantor MUI dengan senjata api lantaran obsesinya ingin diakui sebagai wakil Nabi Muhammad SAW tidak terpenuhi.

Hengki mengatakan ini berdasar barang bukti berupa dokumen surat pelaku yang berisi pernyataan akan mencari senjata untuk melakukan serangan ke MUI.

Baca Juga: Pelaku Penembakan Kantor MUI Pusat di Jakarta, Mengaku Seorang Nabi

"Niat jahat daripada tersangka yang dimulai dari tahun 2018 dari surat itu yang mana menyatakan yang bersangkutan apabila tidak diakui maka akan lakukan tindakan kekerasa terhadap pejabat-pejabat negeri dan juga MUI dengan mencari senjata api," ungkap Hengki di Polsek Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Mei 2023.

Namun, berdasar hasil penyelidikan yang dilakukan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, Hengki menegaskan kalau Mustofa tidak tergabung dengan jaringan atau kelompok terorisme.

Hengki Haryadi mengklaim penyelidikan kasus ini dilakukan secara scientific investigation dengan melibatkan sejumlah ahli dari lintas profesi.

"Bersama ahli sosiologi agama untuk mengetahui apakah ini merupakan aliran yang menyimpang kemudian apakah ini merupakan sekte dan lain sebagainya. Biar nanti ini yang menjawab sosiologi agama," ujar Hengki menandaskan.

Sumber: