Suku Cadang Pembangkit Listrik Buatan Iran Gantikan Model AS di Asia Tenggara

Suku Cadang Pembangkit Listrik Buatan Iran Gantikan Model AS di Asia Tenggara

SIASAT.CO.ID - CEO Iran’s Thermal Power Plants Holding Companyn (TPPH), Abdolrasul Pishahang, mengatakan perusahaan domestik Iran telah memproduksi sekitar 100.000 suku cadang yang dibutuhkan dalam melayani operasi di pembangkit listrik Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Pishahang mengatakan suku cadang buatan Iran dipasok ke pembangkit listrik di wilayah tersebut dan di Asia Tenggara di mana negara-negara sebelumnya mengandalkan suku cadang yang dipasok oleh perusahaan AS.

“Sambil memenuhi permintaan dalam negeri, suku cadang ini diekspor ke negara-negara kawasan dan menggantikan suku cadang pembangkit listrik buatan AS di negara-negara seperti Malaysia dan Indonesia,” katanya dikutip dari IRNA, Jumat, 5 Mei 2023.

Baca Juga: Israel Semakin Khawatir dengan Perkembangan Nuklir Iran

Iran memiliki industri listrik yang relatif besar di mana lusinan pembangkit listrik termal dan gas menyumbang sebagian besar tenaga yang dihasilkan di negara tersebut.

Total kapasitas pembangkit listrik Iran melebihi 90 gigawatt (GW) pada Oktober 2022 meskipun angka Kementerian Energi menunjukkan produksi mencapai rekor hampir 66 GW pada waktu permintaan puncak musim panas lalu.

Sanksi yang dijatuhkan oleh AS pada sektor energi Iran pada 2018 menyebabkan negara tersebut memberlakukan langkah-langkah untuk mengurangi ketergantungan pada pemasok asing untuk suku cadang dan peralatan yang dibutuhkan di pembangkit listriknya.

Pishahang juga mengatakan sekitar 34 unit pembangkit listrik baru telah terhubung ke jaringan listrik nasional Iran sejak Agustus 2021.

Sumber: