Iran dan Suriah Kerja Sama Dirikan Bank Bersama dan Perusahaan Asuransi

Iran dan Suriah Kerja Sama Dirikan Bank Bersama dan Perusahaan Asuransi

SIASAT.CO.ID - Atas undangan resmi Presiden Suriah Bashar al-Assad, Presiden Iran Ebrahim Raisi tiba di Damaskus pada Rabu, 3 Mei 2023, memimpin delegasi politik, budaya, dan ekonomi terkemuka. 

Dikutip dari Iranpress, program kerja sama strategis dan jangka panjang komprehensif antara Republik Islam Iran dan Republik Arab Suriah dan 14 dokumen kerja sama lainnya ditandatangani oleh presiden dan pejabat tinggi kedua negara.

Pada jumpa pers, Presiden al-Assad menyatakan, “Masalah ekonomi menjadi inti dari pembicaraan kami hari ini. Memo kesepahaman ditandatangani dan banyak proyek yang dibahas akan sangat memajukan hubungan bilateral melalui mekanisme pengembangan untuk meningkatkan pertukaran perdagangan dan investasi antara kedua negara."

Mehrdad Bazrpash menunjuk pada 15 perjanjian yang ditandatangani antara Iran dan Suriah dan mengatakan bahwa dokumen tersebut akan memfasilitasi kegiatan ekonomi antara pengusaha kedua belah pihak. 

Baca Juga: Suku Cadang Pembangkit Listrik Buatan Iran Gantikan Model AS di Asia Tenggara

Presiden Raisi menyampaikan, “Republik Islam Iran selalu menegaskan dukungannya untuk perlawanan dan stabilitas negara. Kami mendukung pemerintah Suriah dan rakyatnya. Kami mendukung rakyat Suriah yang menghadapi kelompok takfiri."

Berdasarkan salah satu perjanjian kerja sama, seharusnya setiap tahun 5.000 peziarah Iran melakukan perjalanan ke Suriah untuk mengunjungi tempat-tempat suci di negara itu, termasuk Tempat Siti Sayyidah Zainab (AS), saudara perempuan Imam Hussain (AS).  

Terkait dengan kegiatan perbankan dan asuransi, disepakati bahwa hingga berdirinya bank tersebut, bank yang beroperasi dari Iran dan Suriah diharapkan dapat memberikan kemudahan transaksi keuangan untuk memfasilitasi tindakan keuangan bagi para pengusaha.

Sumber: