Ramai Kritik Subsidi Mobil Listrik, Luhut: Silakan Menghadap Saya

Ramai Kritik Subsidi Mobil Listrik, Luhut: Silakan Menghadap Saya

SIASAT.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sedikit geram atas kritikan beberapa pihak terhadap program subsidi mobil listrik.

Luhut bahkan meminta pihak tersebut menghadap langsung kepadanya.
Namun, Luhut mengaku belum tahu siapa orang yang melontarkan kritik. Ia hanya mengingatkan jangan sampai ada pihak yang melawan arus dunia.

"Siapa yang berkomentar suruh dia datangi saya langsung, bicara saya jelasin bahwa tidak benar omongannya," katanya saat ditemui di The Westin Jakarta, Selasa, 9 Mei 2023.

"Jadi jangan kita melawan arus dunia juga. Siapa yang berkomentar saya tidak tahu mengenai itu," lanjutnya.

Baca Juga: Luhut Pernah Sampai Berkelahi dengan Kemenkeu soal Subsidi Kendaraan Listrik

Ia mengatakan bahwa pemberian subsidi mobil listrik didasarkan atas sebuah pengkajian mendalam melalui studi yang komprehensif. Saat ini hampir semua dunia melakukan hal yang sama.

"Sebenarnya gini ya, mengenai mobil listrik ini, sudah ada studi yang komprehensif. Jadi saya kira seluruh dunia, bukan hanya saya," tegasnya.

Sebelumnya, dikutip dari berbagai sumber, kritik terhadap subsidi mobil listrik disampaikan oleh bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan. Ia menilai pemberian subsidi mobil listrik bukanlah solusi untuk mengatasi permasalahan polusi udara.

"Soal polusi udara, solusinya bukanlah terletak di dalam subsidi untuk mobil listrik. Pemilik-pemilik mobil listrik adalah mereka yang tidak membutuhkan subsidi," ungkap Anies dalam acara deklarasi Amanat Indonesia (ANIES) di Tennis Indoor Senayan, Minggu, 7 Mei 2023.

"Kita menghadapi tantangan lingkungan hidup. Pemerintah harus memastikan sumber daya yang diberikan pemerintah untuk rakyatnya adalah sumber daya yang tepat," sambungnya.

Baca Juga: Luhut Titip Nama Buat Cawapres Anies Baswedan, Demokrat Heran: Kok Ikut-ikut?

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto lalu menanggapi kritikan tersebut. Menurut Airlangga, saat ini hampir semua negara memberikan subsidi mobil listrik.

"(Subsidi) mobil listrik hampir semua negara memberikan," katanya saat ditemui di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Jakarta Selatan, Senin, 8 Mei 2023.

"Seluruh dunia melakukan hal yang sama," tegasnya.

Sumber: