Respon PAN Terhadap Demokrat yang Sebut Jokowi Kumandangkan Perang

Respon PAN Terhadap Demokrat yang Sebut Jokowi Kumandangkan Perang

SIASAT.CO.ID -- Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap dituduh yang tidak-tidak oleh pihak tertentu karena dianggap menjegal calon presiden (capres) lain yang maju di Pilpres 2024.

Ia merespon pernyataan Waketum Partai Demokrat, Benny K. Harman, yang menilai Jokowi telah mengumandangkan perang dengan rakyatnya sendiri, karena mengumpulkan ketum parpol di Istana Merdeka.

Padahal menurut Viva, Jokowi tidak pernah melarang sosok manapun yang akan maju bertarung di Pilpres 2024 nanti.

"Seringkali Pak Jokowi menjadi korban dari playing victim, yang membangun narasi bahwa pemerintah melakukan penjegalan, pembegalan terhadap figur dan partai politik tertentu," kata Viva dalam keterangannya, Selasa, 9 Mei 2023.

Baca Juga: Urus Capres di Istana, Jokowi disebut Ajak Perang Rakyat Sendiri

Viva juga beranggapan, tidak ada yang salah jika Jokowi condong terhadap figur tertentu yang dipercaya mampu melanjutkan pembangunannya.

"Kan hal itu dijamin oleh UU selama presiden tidak melakukan abuse of power, atau melakukan penyimpangan kekuasaan dengan menggunakan fasilitas negara dan kekuasaan," ujarnya.

Oleh karenanya, Viva menilai sikap Jokowi di Pilpres 2024 masih sesuai dengan koridor. Viva mengklaim, tidak ada aturan yang dilanggar oleh Jokowi soal itu.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Waketum Partai Demokrat Benny K. Harman menilai Jokowi tidak netral di Pilpres 2024, karena mengumpulkan ketum parpol koalisi pemerintah di Istana.

Baca Juga: Luhut Titip Nama Buat Cawapres Anies Baswedan, Demokrat Heran: Kok Ikut-ikut?

Benny menilai tindakan itu telah mengumandangkan perang dengan rakyatnya sendiri.

"Jika benar presiden tidak netral dalam pilpres dan pileg apalagi menjadikan Istana Presiden markas tim sukses capres tertentu, maka Presiden Jokowi sebenarnya lagi mengumandangkan perang, perang semesta melawan rakyatnya sendiri," kata Benny lewat akun Twitter-nya @BennyHarmanID, Senin, 8 Mei 2023.

Sumber: