Tiba di Irak, Menteri Perminyakan Iran Akan Promosi Kerja Sama Energi

Tiba di Irak, Menteri Perminyakan Iran Akan Promosi Kerja Sama Energi

SIASAT.CO.ID - Menteri Perminyakan Iran Javad Owji tiba di Baghdad pada hari Rabu, 10 Mei 2023 untuk mempromosikan kerja sama negaranya dengan Irak di sektor energi. Memimpin delegasi, Owji secara resmi disambut oleh pejabat Irak.

Dikutip dari Shana.ir, Menteri Iran tersebut dijadwalkan mengadakan pembicaraan tentang kerja sama Iran-Irak di sektor hulu dan hilir industri minyak dengan Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani, Menteri Perminyakan Hayan Abdel-Ghani, dan Menteri Listrik Ziad Ali Fadel.

Kemarin, Komite Tertinggi Gabungan Iran-Irak mengadakan pertemuan untuk membahas perluasan hubungan bilateral di sektor minyak.

Deputi Menteri Perminyakan Iran untuk Urusan Internasional dan Perdagangan Ahmad Asadzadeh menjadi ketua delegasi Iran dalam sesi tersebut, di mana kerja sama bilateral dalam pengembangan bidang bersama, ekspor layanan teknis dan teknik, dan implementasi nota kesepahaman dalam industri minyak dibahas secara menyeluruh.

Baca Juga: Iran dan Oman Capai Kesepakatan Awal untuk Tanda Tangani PTA

Presiden Iran Sayyed Ebrahim Raisi sendiri sangat menekankan untuk meningkatkan hubungan Iran-Irak dan mempromosikan kerja sama mereka di bidang infrastruktur, termasuk sektor air, listrik, gas, dan energi.

"Kedua negara perlu saling memenuhi kebutuhan dengan memanfaatkan dan mengembangkan kapasitas mereka", ungkap Raisi.

Sumber: