Mitos Kesehatan Mental

Mitos Kesehatan Mental

Mungkin memang benar orang dengan kondisi masalah kesehatan mental yang parah tidak dapat melakukan pekerjaan secara rutin. Namun siapa sangka, nyatanya penderita kesehatan mental tetap dapat produktif seperti individu lainnya.

Sebuah studi dari AS pada 2014 menyelidiki terkait status pekerjaan menurut tingkat keparahan penyakit mental dan menghasilkan data yang diharapkan, yaitu tingkat pekerjaan menurun dengan meningkatnya keparahan penyakit mental.

4. Memiliki masalah mental adalah tanda kelemahan

Gangguan kesehatan mental merupakan sebuah penyakit, bukan tanda bahwa karakter individu tersebut lemah atau buruk. Sama dengan penderita diabetes, diare, hipertensi atau penyakit lainnya, masalah kesehatan mental juga dapat disembuhkan.

Baca Juga: Fenomena Flexing Kian Meraja Rela, Benarkah Berdampak Pada Kesehatan Mental? Ini Kata Psikologi

5. Masalah kesehatan mental bersifat permanen

Beberapa individu yang mendapat diagnosis kesehatan mental akan mengalami beberapa episode dalam hidup mereka.

Di antaranya adalah kembali pada versi normal, beberapa orang lainnya ada yang merasakan belum sepenuhnya pulih, atau bahkan ada yang gejalanya semakin buruk.

Oleh sebab itu, penderita kesehatan mental tidak dapat dikatakan sebagai sebuah penyakit yang permanen karena peningkatan yang dialami dapat lebih besar atau lebih kecil tergantung dari banyak faktor, salah satunya adalah terapi atau pengobatan yang diterima.

Sumber: