Karpet Biru Menunggu Murad Ismail Usai Dipecat PDIP

Karpet Biru Menunggu Murad Ismail Usai Dipecat PDIP

SIASAT.CO.ID - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyambut positif terkait Murad Ismail jika berkeinginan bergabung menjadi kader setelah dipecat PDIP.

Menurut Zulhas, sapaan akrabnya, siapa saja yang ingin bergabung dengan PAN akan disambut baik selama memiliki niat dan tujuan untuk membantu masyarakat.

"Siapa saja yang ingin berbuat untuk nusa dan bangsa, dari manapun bergabung dengan PAN asal sungguh-sungguh bantu rakyat, oke, kita beri karpet biru. Dari mana saja," kata Zulhas di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, pada Jumat, 12 Mei 2023.

Baru-baru ini, Murad Ismail dicopot dari jabatan Ketua DPW PDIP Maluku. Ia pun kini resmi dinonaktifkan sebagai kader Partai Banteng.

Baca Juga: Waw! Ada Beberapa Nama Beken yang Bakal Maju Sebagai Caleg PDIP

Penyebab pemecatan itu berawal dari sikap Murad ketika dimintai penjelasan DPP PDIP terkait istrinya yang menjadi caleg DPR RI dari partai PAN.

Ketua DPP PDIP Bidang Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat mengatakan bahwa Murad sempat menggebrak meja sebagai bentuk emosi di tengah proses klarifikasi.

Usai insiden tersebut, Djarot mengaku langsung melaporkan hal itu kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri setelah Murad walk out dari ruang pertemuan.

Alhasil, PDIP resmi memutuskan untuk mencopot Murad dari jabatan Ketua DPW PDIP Maluku.

Baca Juga: PDIP: Jokowi Tetap Buka Ruang Dialog dengan Surya Paloh

Pada prinsipnya, PDIP memiliki aturan bahwa dalam satu keluarga atau suami istri tidak boleh berbeda partai.

"Otomatis dong. Karena istrinya sudah [bukan lagi kader]. Supaya kompak, lah, sama istri," kata Djarot di kantor KPU, Jakarta Pusat, pada Kamis, 11 Mei 2023.

Sumber: