Semakin Menggila, Iran Lengkapi Kapalnya Dengan Rudal Jelajah

Semakin Menggila, Iran Lengkapi Kapalnya Dengan Rudal Jelajah

SIASAT.CO.ID - Di tengah konflik dengan Amerika Serikat (AS), Iran semakin memperkuat armada lautnya. Angkatan Laut (AL) Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran menyatakan telah melengkapi kapalnya dengan rudal jelajah jarak jauh dan sistem peluncuran vertikal (VLS).

Dalam sebuah wawancara dengan media Iran, Sabtu, 13 Mei 2023, Komandan AL IRGC Brigjen Alireza Tangsiri menyatakan kemampuan baru AL IRGC, dan menyebutkan kapal IRGC telah dilengkapi dengan peralatan militer yang berbeda, termasukk rudal jelajah.

“Rudal Abu Mahdi memiliki jangkauan 1.000 kilometer. Kami telah melihat rudal jelajah dengan jangkauan 2.000 kilometer di kapal perang Shahid Mahdavi, yang diproduksi di dalam negeri, dan nama rudal 2.000 kilometer ini adalah Qadr 474,” ungkap Tangsiri, dilansir Mehrnews.

Dia mengatakan bahwa Qadr 474, dimuat di kapal kelas Shahid Mahdavi dan Shahid Soleimani.

Baca Juga: Tiba di Irak, Menteri Perminyakan Iran Akan Promosi Kerja Sama Energi

“Kami memiliki kapal lain bernama Zolfaghar, yang kompatibel dengan kapal tempur dan peluncur rudal kami, dan dengan jangkauan 5.000 mil dari pantai, perlu dilengkapi dengan rudal untuk jangkauan udara. Untuk pertama kalinya, Organisasi Dirgantara Kementerian Pertahanan memasang rudal peluncuran vertikal di sebuah kapal. Kami berhasil mengujinya,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, pihaknya memiliki 12 rudal yang dimuat di kapal Shahid Soleimani dan juga 4 rudal Navab yang dimuat di kapal perang Zolfaghar.

Tiga jenis rudal akan dimuat di kapal perang Shahid Soleimani: Jenis pertama adalah rudal jarak menengah 200 km dan 300 km. Rudal kedua memiliki jangkauan 750 km dan tipe ketiga adalah rudal dengan jangkauan 2.000 kilometer.

“Selain capaian Kementerian Pertahanan ini, kami di Angkatan Laut juga telah menyiapkan dua jenis rudal pertahanan udara jarak jauh; Salah satunya adalah rudal Kowsar 200 dengan jangkauan 5-7 km, yang mampu menghancurkan drone, rudal jelajah dan helikopter, serta rudal Kowsar 222 dengan jangkauan 17 km, yang dipasang di kapal perang Ashura dan Zolfaghar,” pungkasnya.

Sumber: