Cara Memanfaatkan Kemarahan untuk Kebaikan

Cara Memanfaatkan Kemarahan untuk Kebaikan

SIASAT.CO.ID - Kemarahan sering dianggap sebagai emosi yang negatif, bertentangan dengan kebaikan, hingga banyak orang yang merasa malu jika emosi tersebut dikeluarkan.

Apalagi jika memilih untuk berusaha bagaimana caranya menyembunyikan kemarahan tersebut dengan cara apapun agar orang lain tidak mengetahuinya. Atau, lebih dari itu, kemarahan bahkan bisa dimanfaatkan untuk suatu kebaikan.

Setiap emosi yang muncul selalu memiliki kemampuan untuk mengajari tentang diri kita sendiri.

Seperti bagaimana perasaan kita yang sebenarnya. Apakah ada sesuatu yang salah yang perlu untuk diatasi?

Sehingga, dari pada memilih untuk menghindari lebih baik belajar untuk menerima segala rasa marah yang sedang terjadi.

Kemarahan mencakup berbagai macam perasaan yang beragam seperti merasa terancam, frustasi, atau perasaan yang tidak adil.

Dengan mengeksplorasi kemarahan yang sedang dialami kita menjadi tahu apa sebenarnya arti kemarahan dan bagaimana cara mengungkapkannya dengan cara yang baik.

Jika telah berhasil mengungkapkan maka kemarahan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai kekuatan untuk kebaikan yang dapat membantu mengurangi stres.

Berikut ini merupakan 2 cara ampuh memanfaatkan kemarahan untuk kebaikan Anda

1. Mulai dengan rasa ingin tahu

Kemarahan tidak selalu berdampak buruk jika disalurkan menggunakan cara yang tepat.

Para ahli berpendapat bahwa kita harus bisa mengontrol dan mengelola emosi yang sedang dirasakan, kenali apakah kemarahan yang muncul merupakan emosi yang negatif atau positif sehingga kita bisa belajar bagaimana cara yang tepat untuk mengelolanya.

2. Telusuri penyebab dan cara mengatasi kemarahan yang muncul

Sumber: