Presiden Iran Ebrahim Raisi Bertemu Jokowi di Istana Bogor

Presiden Iran Ebrahim Raisi Bertemu Jokowi di Istana Bogor

SIASAT.CO.ID - Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) secara resmi menyambut Presiden Iran Ebrahim Raisi di Istana Bogor, Selasa, 23 Mei 2023.

Dalam persamuhan itu, Jokowi dan Ebrahim Raisi saling memperkenalkan anggota delegasinya.

Kedatangan Raisi ke Istana Bogor juga disambut Menteri Luar Negeri, Menteri Sekretaris Negara, Menteri ESDM, dan Menteri Perdagangan Indonesia.

Sekitar 21 tembakan rudal ditembakkan sebagai simbol penghormatan presiden Iran dan rombongannya setibanya di istana kepresidenan Indonesia.

Baca Juga: Semakin Menggila, Iran Lengkapi Kapalnya Dengan Rudal Jelajah

Kemudian, kedua presiden menanam dua pohon muda di tanah istana sebagai tanda perdamaian dan persahabatan.

Segera setelah upacara penyambutan, kedua presiden memulai pembicaraan pribadi di Istana Negara sebelum delegasi petinggi kedua negara mengadakan pembicaraan tentang perluasan kerja sama bilateral.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa suatu kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan presiden Iran.

Selain membangun kerja sama bilateral, Raisi dan Jokowi juga menyoroti kondisi geopolitik saat ini.

Baca Juga: Ekspor Minyak Iran Berlipat Ganda dalam Waktu Kurang 2 Tahun Meski Ada Sanksi AS

"Kami sepakat terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mengatasi krisis kemanusiaan di Afghanistan," kata Jokowi.

Selanjutnya Raisi mengucapkan terima kasih dalam pidatonya atas penerimaan Indonesia dalam pertemuan tersebut. Raisi mengungkapkan Indonesia dan Iran mempunyai banyak kesamaan.

"Sanksi dan ancaman tidak akan menghentikan kami. Kemitraan dan hubungan dengan negara tetangga dan negara Islam serta negara yang memiliki pandangan yang sama menjadi prioritas kami," tegas Raisi

Setelah pertemuan para pejabat menandatangani dokumen penting tentang kerja sama bilateral setelah pembicaraan pada hari tersebut. Pertemuan tersebut akan menghasilkan 10 nota kesepahaman. 

Sumber: