Disambut Luar Biasa Oleh Masyarakat Muslim Indonesia, Presiden Iran Mengaku Bangga dan Tersanjung

Disambut Luar Biasa Oleh Masyarakat Muslim Indonesia, Presiden Iran Mengaku Bangga dan Tersanjung

SIASAT.CO.ID - Presiden Iran Ebrahim Raisi disambut gegap gempita saat berkunjung ke Islamic Cultural Centre (ICC), Jakarta, Selasa, 23 Mei 2023. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian dari safarinya di Indonesia yang sudah diagendakan.

Dalam kunjungan tersebut, Raisi sempat memberikan pidato dan menyampaikan beberapa hal. Ia mengaku tersanjung melihat sambutan dari masyarakat Indonesia.

"Sebuah kehormatan buat saya bisa hadir di tempat ini bersama para delegasi. Saya melihat sambutan sangat luar biasa, saya begitu bangga dan tersanjung," kata Raisi dalam pidatonya di ICC, Jakarta, Selasa, 23 Mei 2023.

Raisi mengaku bahwa kedatangannya ke Indonesia atas undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka menguatkan kerjasama di antara kedua negara, Indonesia dan Iran.

Baca Juga: Presiden Iran Ebrahim Raisi Bertemu Jokowi di Istana Bogor

"Saya datang ke Indonesia atas undangan presiden Jokowi, dalam rangka menguatkan kerjasama di segala bidang, kerjasama bilateral: seperti pemberantasan narkotika, ekonomi, politik, dan riset. Diharapkan hal ini akan semakin mempererat hubungan antara Indonesia dan Iran," ujarnya.

Di samping itu, presiden Iran ini tak lupa mengingatkan masyarakat muslim Indonesia untuk selalu peduli terhadap isu-isu politik global yang terkait dengan nasib negara-negara muslim di dunia.

"Kita harus peduli dan memiliki rasa tanggung jawab lebih kepada saudara-saudara kita yang tertindas. Seperti apa yang terjadi Yaman, Palestina atau di tempat-tempat lain. Jangan pernah lelah untuk terus mendukung mereka, sambil mengukuhkan persatuan di antara kita," tegas Raisi.

Kepedulian tersebut kata Raisi, berangkat dari nilai-nilai Islam yang menekankan semangat perlawanan terhadap penindasan dan penjajahan.

Baca Juga: Presiden Iran Ibrahim Raisi Akan Bertemu Jokowi Besok

"Islam yang kita anut adalah agama yang mengajarkan perlawanan terhadap segala bentuk penjajahan dan penindasan. Islam juga mengedepankan rasionalitas, keadilan dan persatuan," pungkasnya.

Selanjutnya dikabarkan, Presiden Raisi akan mengadakan pertemuan dengan Ketua DPR RI dan Ketua MPR RI serta berkunjung ke Masjid Istiqlal pada Rabu 24 Mei 2024. Dalam kunjungan ini akan disepakati beberapa perjanjian yang penting dalam pemajuan hubungan bilateral RI Iran.

Sumber: