Dukung Anies Jadi Capres, Din Syamsuddin: Dia Figur yang Tepat untuk Indonesia

Dukung Anies Jadi Capres, Din Syamsuddin: Dia Figur yang Tepat untuk Indonesia

SIASAT.CO.ID - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) 2015-2020, Din Syamsuddin, mendukung sepenuhnya upaya Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 mendatang.

Menurut Din Syamsuddin, Anies merupakan sosok yang memang dibutuhkan masyarakat untuk memimpin Indonesia. Untuk itu, kata dia, kaum atau golongan yang cerdas dan berakal sudah pasti akan melabuhkan pilihan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Saya kira banyak dari kita, kaum cerdik pandai, kaum cerdas, dan berakal melihat sosok Anies Baswedan sebagai figur yang tepat untuk Indonesia ke depan,” ucap Din di Jalan Margasatwa, Cilandak, Jakarta Selatan, dilansir Rabu, 24 Mei 2023.

Din menilai, Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang cerdas. Namun, lebih penting dari itu adalah yang mampu melihat dan mewujudkan cita-cita nasional, serta menggerakkan potensi masyarakat Indonesia untuk sama-sama menuju ke arah perubahan.

Baca Juga: Gelojoh Jokowi atas Kuasa

Untuk itu, ia melihat semua kemampuan tersebut ada pada sosok Anies Baswedan. Din pun berharap bacapres dari Koalisi Perubahan itu mampu memenangkan pertarungan pada 2024 mendatang dan merealisasikan cita-cita itu.

“Maka pilihan ini pilihan yang tepat (Anies) dan saya berharap akan menjadi kenyataan,” tuturnya.

Puan Maharani berfoto bersama Anies Baswedan saat gelaran Formula E Jakarta, Sabtu, 4 Juni 2022. Dia juga duduk berdampingan dengan Presiden Jokowi.

Tak hanya itu, eks Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini juga melayangkan apresiasi kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menjadi salah satu partai pengusung Anies.

Sebab, PKS dinilai sudah bekerja maksimal untuk menyandingkan Anies dengan figur yang tepat pula.

Baca Juga: Elektabilitas Stuck di Posisi ke-3, Anies Singgung Soal Upaya Penjegalan: Mereka Punya Survei Sesungguhnya

“Secara khusus, saya melihat perilaku PKS tentang pencapresan ini meletakkannya dalam satu keikhlasan dan ‘legowo’ sehingga tidak memaksakan diri, memaksakan keinginan untuk katakanlah merebut calon wakil presiden,” ujar Din.

Padahal, menurut Din, PKS sendiri memiliki nama-nama potensial untuk bisa mendampingi Anies pada kontestasi politik periode mendatang. Ia menyinggung nama Ahmad Syaikhu dan Ahmad Heriawan.

“Walaupun di PKS, saya tahu banyak yang berkualitas, banyak yang mumpuni, baik Presiden PKS sendiri, Ustaz Ahmad Syaikhu, ada juga Kang Aher,” katanya.

Namun, kata Din, PKS memilih untuk tidak bersikap saklek dalam menentukan sosok cawapres untuk Anies Baswedan.

Sumber: