Pemilu 2024 Semakin Dekat, Ini Harapan Jokowi kepada Mahkamah Konstitusi

Pemilu 2024 Semakin Dekat, Ini Harapan Jokowi kepada Mahkamah Konstitusi

SIASAT.CO.ID - Menjelang Pilpres 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Mahkamah Konstitusi (MK) melakukan persiapan secara matang dan menjadi wasit yang adil dalam menangani sengketa Pemilu 2024.

"Kami sangat berharap MK melakukan persiapan yang matang agar dapat menjadi wasit yang adil bagi yang bersengketa. Baik sengketa di pileg, pilpres, maupun pilkada," kata Jokowi dalam sambutannya secara daring pada acara Sidang Pleno Khusus MK Laporan Tahunan 2022, Rabu (24 Mei 2023).

Jokowi menggarisbawahi pentingnya MK dalam mempercepat penerbitan putusan serta kualitas putusan MK terkait sengketa pemilu.

Presiden pun meminta semua pihak untuk tetap bekerja keras agar Pemilu Serentak 2024 dapat jadikan sebagai ajang pembuktian kualitas demokrasi Indonesia. Sehingga pesta demokrasi yang sesungguhnya akan bisa dirasakan oleh rakyat Indonesia.

Baca Juga: Presiden Iran Ebrahim Raisi Bertemu Jokowi di Istana Bogor

Kendati demikian, Jokowi mengakui bahwa pemerintah tidak selamanya punya pendapat yang sama dengan MK. Fenomena ini merupakan hal yang wajar dalam perjalanan roda pemerintahan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, juga menuturkan meski tak selamanya sepakat dengan putusan MK, tetapi pemerintah menerima dan menghormati serta melaksanakan putusan tersebut. Jokowi juga meyakini bahwa dengan adanya MK, kehidupan berbangsa dan bernegara akan tertata dengan baik.

Akan tetapi Jokowi menjamin bahwa pemerintah akan selalu mendukung dan menghormati pendapat serta putusan MK. Semoga harapan presiden terhadap MK dapat diwujudkan sebagaimana mestinya sesuai harapan masyarakat.

Sumber: