Jokowi Disebut Masih Berupaya Menyandingkan Prabowo dan Ganjar pada Pilpres 2024

Jokowi Disebut Masih Berupaya Menyandingkan Prabowo dan Ganjar pada Pilpres 2024

SIASAT.CO.ID - Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih berupaya menyandingkan Prabowo dan Ganjar untuk Pilpres 2024.

“Terakhir bicara dengan Presiden, gimana pak? ‘Masih usaha’ untuk itu. Cuman kan makin lama makin sulit ya,” kata Budi di Kantor DPP Projo, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Mei 2023.

Budi menjelaskan, upaya untuk menyandingkan Ganjar dengan Prabowo semakin rumit. Karena Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) maupun Partai Gerindra nampak berkukuh menjagokan Ganjar dan Prabowo sebagai capres 2024.

Kendati demikian, Budi mengatakan Projo melihat masih ada peluang untuk kedua tokoh itu bersatu.

Baca Juga: Pemilu 2024 Semakin Dekat, Ini Harapan Jokowi kepada Mahkamah Konstitusi

“Usaha persatuan itu tetap ada, kalau kenyataannya agak sulit ya sudah. Gitu. Karena kita juga melihat kemungkinan berpisah ada, kemungkinan bersatu juga ada,” kata Budi.

Budi menyebut konsolidasi bakal ditunaikan untuk menentukan capres dan cawapres yang dijagokan pada Pemilu 2024. Seperti Musra, konsolidasi ini akan digelar di berbagai daerah sebelum capres cawapres diumumkan pada Oktober mendatang dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) VI.

Dikabarkan Projo telah menyiapkan 10 simulasi capres-cawapres. Mereka terdiri atas nama-nama yang diputuskan sebagai kandidat dalam acara puncak Musra.

“Ada 10 simulasi capres-cawapres yang akan kita tawarkan ke teman-teman daerah untuk kita diskusikan dan putuskan bersama,” kata Budi.

Baca Juga: Aksi Gibran Jamu Prabowo Menurut Pengamat Cermin Politik Jokowi

Adapun 10 simulasi capres-cawapres tersebut adalah:

Prabowo Subianto - Ganjar Pranowo
Prabowo Subianto - Airlangga Hartarto
Ganjar Pranowo - Prabowo Subianto
Ganjar Pranowo - Airlangga Hartarto
Airlangga Hartarto - Sandiaga Uno
Airlangga Hartarto - Mahfud Md
Prabowo Subianto - Mahfud Md
Prabowo Subianto - Sandiaga Uno
Ganjar Pranowo - Sandiaga Uno
Ganjar Pranowo - Mahfud Md

Sumber: