Begini Respon Jokowi Mendengar Wacana Gibran akan Disandingkan dengan Prabowo di Pilpres 2024

Begini Respon Jokowi Mendengar Wacana Gibran akan Disandingkan dengan Prabowo di Pilpres 2024

SIASAT.CO.ID - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka diisukan bakal disandingkan dengan Ketum Gerindra, Prabowo Subianto di pilpres 2024. Terkait hal ini, Relawan Pro Jokowi (Projo) ternyata pernah menanyakan langsung wacana tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketum Projo Budi Arie Setiadi mengungkap bahwa Jokowi menolak usulan itu. "Ya Pak Jokowi saya tanya, Pak Prabowo sama Gibran gimana? 'Janganlah, Gibran baru dua tahun, umurnya nggak cukup'," kata Budi Arie kepada wartawan di DPP Projo, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Mei 2023.

Budi juga mengungkap bahwa alasan penolakan Jokowi tersebut dikarenakan Gibran belum cukup umur dan baru dua tahun jadi Wali Kota.

"Pak Jokowi bicara sama saya ini ada wacana Pak Prabowo-Gibran. Terus Jokowi bilang Mas Gibran baru 2 tahun jadi Wali Kota," tutur Budi.

Baca Juga: Aksi Gibran Jamu Prabowo Menurut Pengamat Cermin Politik Jokowi

Isu liar Gibran disandingkan dengan Prabowo itu sempat berkembang di media sosial. Gibran memberikan respons saat menanggapi cuitan salah satu netizen yang menyebut bahwa peta politik akan berubah jika Prabowo dan Gerindra mampu meyakinkan Gibran untuk menjadi cawapres.

Menurut cuitan itu, akan ada mutasi suara dari Ganjar ke Prabowo. Ganjar disebut sebut bisa kehilangan suara karena beralih ke Prabowo.

"Peta politik akan berubah jika @prabowo/@Gerindra berhasil meyakinkan @gibran_tweet untuk jd cawapres nya Prabowo, akan banyak mutasi suara dari @ganjarpranowo/@PDI_Perjuangan ke kubu Prabowo,siap2 @PDI_Perjuangan @ganjarpranowo kehilangan suara bahkan kehilangan untuk menang," tulis netizen tersebut, seperti dilihat detikcom, Minggu (30/4).

Putra Sulung Jokowi ini lantas mengomentari cuitan tersebut. Dia mengunggah sebuah meme bergambar kartun Patrick dengan tulisan 'Kok Bisa Bang'.

Baca Juga: Usai Dampingi Prabowo Temui Relawan, Gibran Dipanggil DPP PDIP: Saya Siap Terima Sanksi

Banyak netizen yang kemudian berkomentar di unggahan Gibran tersebut. Ada yang mendukung duet Prabowo dengan Gibran namun ada juga yang tidak setuju.

Mendengar kabar penolakan ayahnya tersebut, Gibran pun merespon di depan awak media. "Bagus, bagus, setuju, wis ngono wae," kata Gibran di Balai Kota Solo, Jumat, 26 Mei 2026

Meski setuju, Gibran mengaku tidak tahu mengenai penolakan dari Jokowi itu. Apalagi, kata dia, tidak mengetahui pertemuan antara Jokowi dengan relawan Projo.

"Aku tidak mengerti masalah itu (pertemuan). Penolakan nggak tahu, saya juga nggak tahu pertemuan itu. Saya fokus di Solo akeh kegiatan-kegiatan, banyak PR di Solo," ungkapnya.

Sumber: