Yenny Wahid Tidak Yakin Cak Imin Jadi Cawapres Prabowo

Yenny Wahid Tidak Yakin Cak Imin Jadi Cawapres Prabowo

SIASAT.CO.ID - Aktivis Nahdlatul Ulama (NU) Yenny Wahid tidak yakin Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan dipilih oleh Prabowo Subianto sebagai calon wakil presidennya di Pilpres 2024.

Yenny mendasari pendapatnya tersebut dengan melihat track record Cak Imin yang dinilainya kurang baik.

"Agak berat ya, Gus Dur aja ditinggal, apalagi rakyat nantinya," ujar Yenny ketika ditemui di Menara BNI, Jakarta Pusat, Jumat 26 Mei 2023.

Yenny pun tertawa ketika kembali ditanyai peluang Cak Imin tersebut. Ia menyebut Prabowo pasti telah memiliki kalkulasi elektoral sendiri soal pemenangannya di Pilpres 2024.

Baca Juga: Tiba Di rumah JK, Cak Imin Langsung Minta Nasihat soal Koalisi Besar

"Pak Prabowo udah punya hitungan politik sendiri lah soal itu," ucap dia.

Di sisi lain, Yenny menekankan NU secara institusi tidak akan terlibat dalam politik praktis. Namun menurutnya, tidak ada larangan bagi para kader NU untuk bertarung di kancah politik.

Putri dari Presiden RI ke-4 ini pun menyebut NU memiliki segudang kader-kader hebat yang mumpuni untuk tampil di Pilpres 2024. Seperti Nasaruddin Umar, Mahfud MD, hingga Khofifah Indar Parawansa.

"Jadi, siapapun dari mereka-mereka ini yang dilirik jadi cawapres, bagi kami tentu sebuah tanda bahwa memang NU ini jadi sebuah kekuatan politik yang diperhitungkan," katanya.

Baca Juga: Malam Ini Cak Imin Akan Bertemu JK, Bahas Pemilu 2024?

Sementara Cak Imin begitu yakin bahwa dirinya akan bertarung dalam Pemilu 2024 baik sebagai calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres). Ia mengatakan telah mendapat perintah para kiai Nahdlatul Ulama (NU).

"Ya, Insyaallah, saya kan sudah diperintah oleh para kiai, PKB, untuk maju sebagai capres atau cawapres," kata Cak Imin, Sabtu, 20 Mei 2023.

Dalam waktu dekat ini, kata Cak Imin, PKB bersama Partai Gerindra akan mengumumkan cawapres pendamping Prabowo Subianto.

"Sampai saat ini, solid kita bersama Gerindra, tinggal menunggu waktu yang tepat. Yah, tetap saya jadi cawapres," tuturnya.

Sumber: