Iran Tawarkan Bantuan Militer ke Mali dalam Perangi Terorisme

Iran Tawarkan Bantuan Militer ke Mali dalam Perangi Terorisme

SIASAT.CO.ID - Menteri Pertahanan Iran menyatakan kesiapan negaranya untuk membekali Mali dengan peralatan militer dan pengalaman dalam perang melawan terorisme.

Dikutip dari Tasnimnews, dalam pertemuan dengan dari Mali Kolonel Sadio Camara, yang diadakan di Teheran pada hari Senin, 29 Mei 2023, Menteri Pertahanan Brigadir Jenderal Mohammad Reza Ashtiani mengatakan Iran siap untuk berbagi peralatan, pengalaman dan kemampuannya dalam pelatihan dengan Mali dalam perang melawan terorisme.

“Republik Islam Iran tidak akan menyia-nyiakan upaya untuk memperkuat kekuatan pertahanan Mali melawan ancaman yang ditimbulkan oleh kelompok teroris,” kata Reza Ashtiani.

Dia juga memperingatkan bahwa kehadiran pemerintah Barat di Afrika ditujukan untuk mengejar tujuan kolonial, memenuhi kepentingan politik, dan menciptakan ketegangan sekaligus ketidakstabilan.

https://youtu.be/pbZuWc7DUYQ

"Meskipun orang Barat mengklaim secara munafik mengejar keamanan di Afrika, sejarah menunjukkan bahwa mereka menyebarkan terorisme untuk membenarkan kehadiran mereka di wilayah tersebut dan campur tangan dalam urusan internal negara-negara merdeka seperti Mali," tegas Ashtiani.

Menteri Iran juga memuji dukungan pemerintah Mali untuk Palestina dan rakyatnya sebagai contoh yang sangat baik dalam mendukung kaum tertindas.

Sementara itu, Camara mengatakan Mali tertarik untuk memanfaatkan pengalaman negara Mullah dalam perang melawan terorisme dan inisiatifnya untuk melibatkan masyarakat dan pasukan sukarela dalam memastikan keamanan negaranya.

Sumber: