Mahfud MD: Saya Terkesan dengan Ibadah Pak Jokowi

Mahfud MD: Saya Terkesan dengan Ibadah Pak Jokowi

SIASAT.CO.ID - Menko Polhukam Mahfud Md Mahfud mengaku terkesan dengan sisi personal dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak meninggalkan ibadah bahkan saat menghadiri rapat maupun di forum-forum internasional.

"Satu aja (pengalaman terkesan bersama Jokowi) ya, ke luar negeri ya. Pak Jokowi itu ibadahnya terjaga. Duduk di forum internasional pun kalau waktunya salat, dia salat. Itu pengalaman pertama saya kaget itu," kata Mahfud dalam tayangan 'Podkabs' di YouTube Sekretariat Kabinet RI, dikutip Kamis, 1 Juni 2023.

Mahfud menceritakan pengalamannya yang unik ketika ia baru-baru menjabat menko. Ia sempat heran dengan Jokowi yang keluar dari ruangan saat acara KTT ASEAN karena hendak menunaikan ibadah.

"Saya belum sebulan jadi Menko Polhukam berangkat ke KTT ASEAN di Thailand. Kan ini rombongan Pak Jokowi ya, sedang acara gitu asyik, Pak Jokowi keluar. Protokolernya kan kalau pimpinan keluar yang di belakangnya maju, saya maju. 'Lho memang Pak Jokowi mana?', 'Salat', katanya. Gitu dia," cerita Mahfud.

Baca Juga: Pesan Mahfud Kepada Kolompok Pro Anies: Harus Kompak, Biar Tidak Dijegal Internal Sendiri

"Kemarin di Kamboja juga gitu. Waktu makan siang satu jam, Pak Jokowi makan 20 menit aja, diatur sisanya 30 menit itu salat sendiri," sambungnya.

Oleh karena itu, Mahfud tak setuju apabila dikatakan pemerintahan saat ini disebut antiislam. Menurutnya, pejabat-pejabat kementerian di kabinet juga taat dalam menunaikan ibadah.

"Iya terkesan. Saya lalu bicara kepada publik, kepada masyarakat yang selalu mengatakan pemerintah antiislam. 'Kamu gimana bilang pemerintah antiislam, wong presidennya rajin salat di masjid. Para menterinya di kabinet, puasa Senin dan Kamis, salat kalau waktunya, kok dibilang antiislam, gimana. Saya nih saksi, saya sering ikut Pak Jokowi," ujarnya.

Sumber: