Iran siap Ekspor Senjata ke Seluruh Kawasan

Iran siap Ekspor Senjata ke Seluruh Kawasan

SIASAT.CO.ID - Iran dikabarkan sedang bersiap meningkatkan ekspor senjata dan peralatan militer lainnya ke sekutu-sekutu di seluruh kawasan. Hal ini diungkapkan oleh Mayor Jenderal Mohammad Baqeri, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran.

“Memperkenalkan kemampuan pertahanan dan militer Republik Islam dan membaginya [dengan negara-negara sahabat] dapat memperluas hubungan pertahanan negara dan memperkuat pencegahan,” kata Baqeri pada konferensi pers yang disiarkan stasiun televisi pemerintah Iran, Rabu, 31 Juni 2023.

“Angkatan Bersenjata Iran sepenuhnya siap untuk meningkatkan tingkat hubungan di berbagai bidang, termasuk ekspor grosir peralatan pertahanan dan militer serta pelatihan, dan transfer pengalaman praktis,” paparnya, yang dilansir Fox News, Kamis, 1 Juni 2023.

Seperti diketahui, Iran telah berhasil mendemonstrasikan senjata dan peralatan militernya di Ukraina, di mana pasukan Rusia telah mengerahkan ribuan drone kamikaze buatan Iran. Hasilnya, pertahanan udara Ukraina cukup kuwalahan menangkis gelombang demi gelombang serangan drone Iran.

Baca Juga: Iran Tawarkan Bantuan Militer ke Mali dalam Perangi Terorisme

Baqeri mengatakan program ekspor ini akan menjadi aspek kunci dalam mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan sekutu-sekutunya di kawasan, meskipun dia tidak menjelaskan secara spesifik tentang negara mana pun yang direncanakan Iran untuk bekerja sama.

Baqeri berpendapat bahwa langkah Iran ini seperti menggambarkan perubahan tatanan dunia yang berubah yang akan memunculkan kekuatan baru

"Dunia masa depan adalah dunia yang berbeda. Geometri tatanan dunia baru berubah dengan munculnya beberapa kekuatan baru, terutama di Asia dan di berbagai bidang," katanya.

Sumber: