Bila Ingin Menang, Ganjar Disebut Harus Gandeng Cawapres dari Kalangan Agamawan dan Non-Jawa

Bila Ingin Menang, Ganjar Disebut Harus Gandeng Cawapres dari Kalangan Agamawan dan Non-Jawa

SIASAT.CO.ID - Ganjar Pranowo diprediksi bakal menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini mengingat Ia mendapat dukungan dari lima partai politik, terlebih bila Ganjar mendapatkan cawapres dari kalangan agamawan ataupun non Jawa yang dinilai semakin memperbesar peluangnya.

"Kalo ditanya soal kans saya kira juga berpeluang besar, saya kira Ganjar juga didukung oleh partai-partai pendukung yang sudah mulai fix untuk koalisi," kata pengamat politik Adib Miftahul dilansir dari MNC Indonesia, Selasa, 13 Juni 2023.

Kendati demikian, Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) mengakui terlalu dini bicara kans Ganjar di pilpres. Sebab masih ada dua capres lain, yakni Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

"Kalo pun sekarang kita hanya bisa berbicara kalau saya pribadi kans Ganjar ya besar karena dia didukung oleh partai pemenang. Posisi dia adalah nasionalis, indikatornya dia punya survei yang kadang-kadang juara, kadang nomor tiga," jelasnya.

Baca Juga: Resmi! Perindo Teken Kerja Sama Politik dengan PDIP, Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Adib mengatakan saat ini belum tahu siapa saja yang akan menjadi lawan Ganjar di Pilpres. Karena pendaftaran dibuka pada 19 Oktober hingga 25 November 2023.

"Karena kita musti harus menunggu siapa dengan siapa, Anies dengan siapa, Prabowo dengan siapa, Ganjar dengan siapa, kalau sudah fix Capres cawapres menjadi satu saya kira ini baru bisa di analisa secara menyeluruh," tuturnya.

Begitu pula dengan Ganjar yang saat ini belum ketahuan siapa yang akan mendampinginya atau menjadi Bacapres. Kendati sudah ada beberapa nama seperti Ketua Harian DPP Partai Persatuan Indonesia Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi dan Imam besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar yang digadang-gadang akan mendampingi Ganjar.

"Tinggal PR (pekerjaan rumah) Ganjar hanya satu, siapa yang mendampingi dia terutama dari kalangan religious, bahkan bisa non-Jawa. Nah ini saya kira analisa berpeluang besar," kata Adib.

Baca Juga: Geger! PDIP Bocorkan Daftar Bakal Cawapres Untuk Ganjar

"Ganjar bisa menang di Pilpres, tetapi lagi-lagi analisa ini bisa semakin mengerucut ketika nanti lawan Ganjar siapa beserta paketannya siapa, capres-cawapres siapa, baru terlihat utuh," pungkasnya.

Sumber: