Breking News! Belanda Resmi Akui Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Breking News! Belanda Resmi Akui Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

SIASAT.CO.ID - Setelah sekian lama, akhirnya Belanda mengeluarkan pernyataan resmi, memberikan pengakuan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Pengakuan itu disampaikan oleh PM Belanda Mark Rutte dalam sesi debat parlemen disaat membahas soal kajian dekolonisasi tahun 1945-1950, Rabu (14/6) waktu setempat. Demikian seperti dilansir media lokal Belanda, AD.nl dan dikutip Detik, Kamis, 15 Juni 2023.

"Belanda mengakui 'sepenuhnya dan tanpa syarat' bahwa Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945," ucap Rutte dalam sesi debat parlemen Belanda tersebut.

Diketahui bahwa Belanda tidak pernah mengakui secara resmi kemerdekaan Indonesia pada tanggal tersebut.

Baca Juga: Prabowo: Banyak Bangsa Lain Tak Suka Melihat Indonesia Jadi Negara Kuat

Selama ini, menurut media NOS, Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia pada 27 Desember 1949, seiring dengan penyerahan kedaulatan oleh Belanda kepada Indonesia berdasarkan hasil Konferensi Meja Bundar pada masa itu.

Dalam sesi debat parlemen, Rutte mengatakan bahwa tanggal 17 Agustus sebenarnya sudah sejak lama dilihat sebagai awal kemerdekaan Indonesia. Dia pun mencontohkan bahwa Raja Belanda sudah mengirimkan telegram ucapan selamat Hari Kemerdekaan kepada Indonesia pada 17 Agustus setiap tahunnya.

Pengakuan resmi Rutte itu juga dilaporkan oleh sejumlah media lokal Belanda lainnya, seperti Nieuws, MSN dan ANP.

Lebih lanjut, Rutte menyatakan dirinya akan segera menghubungi Presiden Jokowi untuk membahas soal kemungkinan disampaikannya 'pengakuan bersama'.

"Saya ingin melihat bagaimana kita bisa menyampaikan pengakuan atas perayaan kemerdekaan Indonesia bersama-sama," kata Rutte seperti dikutip media Belanda lainnya, NU.nl.

Sumber: