Usai Puan dan AHY Bertemu, PKS: Kami Yakin Demokrat Tetap Setia di Koalisi Perubahan

Usai Puan dan AHY Bertemu, PKS: Kami Yakin Demokrat Tetap Setia di Koalisi Perubahan

SIASAT.CO.ID - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merespon pertemuan antara Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Jakarta, Minggu, 18 Juni 2023.

Juru Bicara PKS Muhammad Iqbal mengatakan, sebelum pertemuan, AHY sudah meminta izin kepada PKS dan NasDem. Ia pun yakin Partai Demokrat akan tetap setia bersama Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) setelah adanya pertemuan tersebut.

"Meyakini demokrat masih setia dan bersama partai koalisi, pertemuan Puan-AHY diyakini hanya silaturahim biasa dan tidak berusaha menarik Demokrat keluar dari koalisi. PKS optimis KPP tetap solid," kata Iqbal dilansir dari CNN, Senin, 19 Juni 2023.

Iqbal berpendapat bahwa pertemuan kedua elite parpol itu akan membawa dampak positif bagi demokrasi dan perpolitikan Indonesia. Ia berharap Pemilu 2024 berjalan lancar dan potensi polarisasi antara pendukung dapat berkurang.

Baca Juga: Begini Respons Gerindra soal Pertemuan Puan dan AHY di Jakarta

Disamping itu, Iqbal pun berharap untuk diadakannya pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ia percaya pertemuan antar elite kedua parpol itu bisa mencairkan suasana politik antara PDIP dengan Demokrat yang dinilai tak akur sejak 2004. "Kami berharap diikuti pertemuan Mega-SBY untuk bagian dari rekonsiliasi," imbuhnya.

Puan Maharani bertemu dengan AHY di Hutan Kota Plataran, Jakarta Pusat, Minggu (18/6). Sejumlah elite kedua partai juga ikut menghadiri agenda pagi itu.

Usai pertemuan, Puan membeberkan salah satu obrolan empat mata bersama AHY. Ia menyebut AHY sempat mengutarakan keinginannya agar hubungan mereka dibangun layaknya kakak dan adik. AHY menurutnya juga menginginkan agar hubungan Demokrat dan PDIP lebih harmonis.

Baca Juga: Puan dan AHY Bertemu di Senayan, Bahas Peluang Cawapres Untuk Ganjar

Puan pun mengaku lebih memaknai hubungan kakak adik meskipun keduanya kini berada di posisi yang berbeda. Apalagi dengan riwayat keduanya yang pernah menjadi anak presiden.

Puan juga menyampaikan PDIP dan Demokrat telah sepakat untuk menjalin hubungan yang berkelanjutan.

Sementara itu, AHY menyebut pertemuannya dengan Puan merupakan salah satu agenda untuk membahas isu kenegaraan dan dinamika politik bersama PDIP.

AHY menyebut Demokrat dan PDIP memiliki jejak riwayat yang sama dalam kancah perpolitikan Indonesia. Salah satunya, mereka sama-sama pernah menjadi ruling party alias partai penguasa dan partai oposisi.

Sumber: