Sekretaris Jenderal PDIP: Mahfud MD Masuk Dalam Bursa Cawapres Ganjar

Sekretaris Jenderal PDIP: Mahfud MD Masuk Dalam Bursa Cawapres Ganjar

SIASAT.CO.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengeluarkan pertanyaan mengagetkan. Ia menyatakan dengan tegas bahwa Menko Polhukam Mahfud MD masuk dalam bursa cawapres untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Masih ada 10 nama, tadi banyak juga yang hadir, yang dari tujuh nama yang belum disebut Presiden Jokowi, ada juga Prof Mahfud MD Polhukam," kata Hasto di GBK usai acara Bulan Bung Karno, Sabtu, 24 Juni 2023.

Hasto mengungkapkan, pihaknya hingga saat ini terus menjalin komunikasi secara intens. Selain Mahfud, ada pula Sandiaga Uno yang telah resmi diusulkan PPP. Erick Thohir yang diusulkan PAN, Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil yang mewakili Partai Golkar.

"Sehingga representasi dari partai-partai yang ada saat ini menunjukkan dinamika bacawapres ini masih akan berkelanjutan," katanya.

Baca Juga: Menakar Kandidat Cawapres Ganjar di Puncak Bulan Bung Karno

Politisi PDIP itu juga menjelaskan, selain nama-nama yang mewakili unsur partai, cawapres Ganjar juga bisa berasal dari ormas, seperti Muhammadiyah dan NU. Menurutnya, dua organisasi memiliki nilai strategis.

"Maka NU sangat penting dan strategis, sama dengan Muhammadiyah. Kami terus membangun komunikasi agar mencari bacawapres yang juga mendengarkan aspirasi dari keluarga besar NU dan Muhammadiyah serta dengan yang lain," kata dia.

Hasto mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih mempertimbangkan nama-nama tersebut. Dia bilang nama cawapres Ganjar akan diumumkan setelah syarat elektoral akan dipenuhi.

"Ketika elektoralnya sudah memenuhi syarat pada batas-batas tertentu, untuk memenangkan 50 persen plus 1 kita akan putuskan siapa cawapres," pungkas Hasto.

Sumber: