Dianggap Tak Berikan Layanan Optimal ke Jamaah Haji Indonesia, Menag Yaqut Tegur Mashariq Saudi

Dianggap Tak Berikan Layanan Optimal ke Jamaah Haji Indonesia, Menag Yaqut Tegur Mashariq Saudi

SIASAT.CO.ID - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memprotes keras pihak Mashariq Arab Saudi karena dinilai tak memberi pelayanan dengan baik terhadap para jemaah haji Indonesia.

Dalam sebuah video yang beredar, Yaqut tengah berbicara dengan salah satu pihak Mashariq. Dengan lantang Ia menegaskan tak akan makan sebelum jemaah haji asal Indonesia belum makan.

"Selama jemaah haji saya sudah makan, baru saya mau makan, kalau jemaah [Haji] saya belum makan, saya enggak makan" kata Yaqut dalam video tersebut.

Sementara itu, Stafsus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo menjelaskan latar belakang protes yang dilayangkan Menag ke pihak Mashariq ini.

Baca Juga: https://siasat.co.id/dapat-undangan-haji-dari-arab-saudi-anies-pamit-berangkat-bersama-istri/

Ia mengatakan, kejadian itu berawal dari para jemaah haji Indonesia terlambat dibawa bus penjemput dari Muzdalifah ke Mina. Sesampainya di Mina, makan malam untuk jemaah haji Indonesia di Mina pun belum terdistribusi semua.

"Sesampai di Mina makan juga telat," kata Wibowo dilansir dari CNN, Minggu, 2 Juli 2023.

Diketahui sejak Rabu lalu, Para jemaah haji Indonesia ini sudah menghadapi beberapa masalah teknis. Dari soal keterlambatan kedatangan bus penjemput, hingga kabar katering jemaah yang datang amat lambat.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief juga mengatakan bahwa pihak Mashariq memang tidak optimal dalam menyiapkan layanan jemaah haji di Muzdalifah dan Mina.

Baca Juga: https://siasat.co.id/menang-yaqut-duet-prabowo-dan-airlangga-hartarto-lebih-menjanjikan-bagi-indonesia/

"Kita sudah sampaikan protes keras ke Mashariq terkait persoalan yang terjadi di Muzdalifah. Kita juga meminta agar tidak ada persoalan dalam penyediaan layanan di Mina," tegas Hilman di Mina, Rabu, 28 Juni 2023.

Sumber: