Sempat Dilarikan ke ICU, Kondisi Cak Nun Kini Mulai Membaik

Sempat Dilarikan ke ICU, Kondisi Cak Nun Kini Mulai Membaik

SIASAT.CO.ID - Kondisi Budayawan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) dikabarkan mulai membaik setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta, Kamis, 6 Juli 2023.

Kabar tersebut disampaikan oleh Eks Sekretaris Cak Nun, Nur Janis Langgabuana yang memperoleh kabar langsung dari Ahmad Zaki, adik kandung sekaligus manager Cak Nun

"Sekarang lebih baik dari kabar yang saya terima jam 5 (sore) tadi. Kalau jam 5 tadi membaik, ini lebih membaik lagi," kata Janis saat dihubungi.

Bahkan, kata Janis, Cak Nun kini sudah bisa berkomunikasi meskipun masih terbatas.

Baca Juga: https://siasat.co.id/breaking-news-cak-nun-dirawat-intensif-di-icu-yogyakarta/

"Dalam keadaan sadar, bisa berkomunikasi terbatas. Moga-moga nanti semakin membaik lah," harapnya.

Janis mendapat kabar, Cak Nun dibawa ke RSUP Dr. Sardjito siang ini sekitar pukul 14.30 WIB. Sebelumnya, Eks Sekretaris Cak Nun, Nur Janis Langgabuana, menduga Cak Nun kelelahan.

"Minggu malam pentas di Kampung Mataraman sampai jam 12, Senin beraktivitas biasa. Kamis ini kan biasanya ada tawasulan, malam Jumat itu, bersalawat tiap malam Jumat," kata Janis saat dihubungi, Kamis, 6 Juli 2023.

"Mungkin kecapekan, sehingga ada sedikit pendarahan di otak terus kemudian dibawa ke rumah sakit," sambungnya.

Baca Juga: https://siasat.co.id/partai-koalisi-pendukung-ganjar-berkumpul-bahas-strategi-pemenangan/

Janis mengungkapkan, Cak Nun pernah mengalami stroke ringan dan pulih. Untuk itu, Cak Nun tak bisa berlama-lama lagi pentas di depan Jamaah Maiyah, pukul 00.00 harus sudah selesai.

"Ini stroke ringan yang ketiga, sempat pula menyerang mata beliau tapi tidak apa-apa," kata Janis.

"Karena memang Cak Nun harus dijaga, secara fisik beliau kan sudah 70 tahun," ucapnya.

Ia pun mengatakan, berdasarkan informasi dari adik kandung Cak Nun, Ahmad Zaki, kondisi Cak Nun sekarang sudah lebih baik sejak pertama dibawa ke rumah sakit sekitar pukul 14.30 WIB tadi. Bahkan, lanjut Janis, Cak Nun kini sudah bisa sedikit berkomunikasi.

Sumber: